Ryota Noma Lengkapi Kuota Legiun Asing Barito Putera di Liga 1

Ryota Noma Lengkapi Kuota Legiun Asing Barito Putera di Liga 1

Olahraga | apahabar.com | Rabu, 1 Juni 2022 - 20:32
share

apahabar.com, BANJARMASIN Lengkap sudah kuota legiun asing Barito Putera di Liga 1 musim 2022/2023, seiring perekrutan Ryota Noma.

Pesepakbola dari Jepang tersebut resmi menandatangani kontrak berdurasi satu musim, Selasa (31/5) malam.

Sebelumnya dalam waktu yang hampir bersamaan, Barito Putera juga menyodorkan kontrak selama satu musim kepada Rafael da Silva.

Dengan demikian, lengkap sudah komposisi pemain asing Barito Putera. Sebelumnya Laskar Antasari mengontrak Renan Alves dan Rafael Rafinha Gomes de Oliveira.

Kami berharap mereka menjadi panutan pemain-pemain muda, papar CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, dikutip dalam laman Instagram klub.

Tentunya mereka harus berani mengambil peran yang cukup signifikan dalam perjalanan di Liga 1 musim 2022/2023, tandasnya.

Berbeda dengan Rafael Silva, Renan Alves dan Rafinha, Ryota Noma belum pernah sekalipun bermain di Liga Indonesia.

Gelandang serang berusia 30 tahun itu terakhir kali memperkuat Istiqlol Dushanbe di Liga Tajikistan sejak 1 Januari 2022. Namun seperti dilansir Transfermarkt, Ryota hanya sekali diturunkan.

Ryota sendiri mengawali karier sepakbola bersama Aomori Yamada High School sejak 2010. Setelah direkrut Meiji Universitas mulai 2014, pamor Ryota melesat.

Pria kelahiran Chiba itu direkrut FK Rudar Pljevlja di Liga Montenegro sejak awal 2014, serta diberi kontrak berdurasi tiga musim.

Selama tiga musim itu, Ryota tampil dalam 71 pertandingan, mencetak 7 gol dan menyumbangkan 2 asisst.

Performa tersebut menarik perhatian FK Radniki Ni untuk membawa Ryota ke Liga Serbia di awal 2017. Hasilnya tak mengecewakan, karena sosok kelahiran 15 November 1991 ini selalu menjadi pilihan utama.

Dari 89 pertandingan, Ryota menyumbangkan 9 gol dan 4 assist. Namun di akhir periode kontrak, Radnicki Nis tak menawarkan perpanjangan.

Akhirnya Ryota hengkang ke Liga Rusia dengan status bebas transfer di pertengahan Oktober 2020 untuk memperkuat SKA Khabarovsk.

Akan tetapi kebersamaan Ryota dengan SKA Khabarovsk hanya berlangsung semusim. Tepat 30 Maret 2021, Ryota berlabuh ke Istiqlol.

Dengan pengalaman bermain di Liga Eropa, perjalanan karier Ryota Noma cukup mirip dengan Taisei Marukawa yang memperkuat Persebaya Surabaya di musim 2021/2022.

Topik Menarik