Performa Suzuki Makin Jeblok, Keputusan Mundur Diduga Jadi Biang Keladi

Performa Suzuki Makin Jeblok, Keputusan Mundur Diduga Jadi Biang Keladi

Olahraga | skor.id | Rabu, 1 Juni 2022 - 19:20
share

SKOR.id - Pada 12 Mei 2022, Suzuki resmi menyatakan tak lagi berpartipasi dalam ajang balap MotoGP mulai musim depan.

Keputusan ini dibuatSkuad Hamamatsu untuk mengatasi masalahfinansial yang terhantam dampak pandemi Covid-19.

Sejak pengumuman tersebut diluncurkan, pembalap Suzuki seperti mengalami penurunan performa saat beraksi di atas lintasan.

Pada dua balapan sejak Suzuki mengumumkan mundur, GP Prancis (15 Mei) dan GP Italia (29 Mei), baik Alex Rins maupun Joan Mir tidak pernah mampu menyelesaikan balapan.

Hal ini pun memengaruhi peringkat kedua pembalap Suzuki di daftar klasemen MotoGP 2022 setelah sempat tampil menggebrak pada awal musim.

Alex Rins yang sempat berada di tiga besar kini duduk di peringkat enam. Sementara Joan Mir merosot ke posisi 10.

Seorang kru Suzuki Ecstar meyakini bahwa apa yang terjadi dengan Rins dan Mir merupakan efek dari keputusan mundur yang diumumkan di tengah musim.

Saya melihat ini sebuah konsekuensi dari keputusan itu (Suzuki mundur dari MotoGP)," ujar kru tim Suzuki yang tak disebutkan namanya, dikutip dari Motorsport.com.

"Itu sudah jelas karena separuh pikiran Anda akan fokus mencari pekerjaan untuk tahun depan. Fokus pekerjaan kini menjadi tidak sama.

Ketidakpastian masa depan anggota tim, termasuk pembalap,serta berkurangnya konsentrasi dan kenikmatan bekerja membuat banyak spekulasibermunculan diSuzuki.

Para petinggi Suzuki di Hamamatsu juga terkesan cuek dengan situasi yang terjadi. Tak ada kabar soal update , terkait teknis misalnya, yang dilakukan dalam dua balapan terakhir.

Suzuki juga terkesan tidak peduli dengan Dorna Sports (promotor MotoGP) yang marah atau sponsor tim yang tak tahu harus bagaimana menyikapi keputusan yang diambil.

Pada era MotoGP, bukan baru kali ini Suzuki memberikan kejutan. Pada akhir musim 2012, mereka juga memutuskan mundur dari kompetisi.

Kini, pada MotoGP 2022, mereka lagi-lagi membuat keputusan serupa. Tidak ada yang tahu apa yang ada dalam pikiran ataupun agenda berikutnya dari para bos Suzuki di Jepang.

Yang pasti, keputusan Suzuki meninggalkan MotoGP mulai musim depan disayangkan banyak pihak.

Maklum, Suzuki GSX-RR sudah membuat kemajuan besar bahkan mampu mengantar Joan Mir jadi juara dunia MotoGP 2020.

Artikel ini telah tayang di Motorsport.com dengan judul \'Keputusan Mundur Diyakini Bikin Performa Tim Suzuki Memburuk\'

Marc Marquez Sebut Mundurnya Suzuki Jadi Kabar Buruk untuk MotoGP

&
Topik Menarik