Tim Formula E Pastikan  Gelaran Jakarta E-Prix Siap Hadapi Segala Cuaca

Tim Formula E Pastikan Gelaran Jakarta E-Prix Siap Hadapi Segala Cuaca

Olahraga | skor.id | Selasa, 31 Mei 2022 - 21:20
share

SKOR.id - Kekhawatiran publik akan perubahan cuaca yang sering terjadi di wilayah DKI Jakarta nyatanya tak menjadi kendala bagi gelaranFormula E di Jakarta atau Jakarta E-Prix.

Consultant Safety, Health and EnvironmentFormula E Operation (FEO),Richard Bate menuturkan timnya telah mengantisipasi kondisi tersebut.

Sehingga, publik tidak perlu khawatir acara batal diselenggarakan karena ketidakpastian cuaca.

Kami menyiapkan berbagai rencana dan mitigasi untuk menghadapi berbagai cuaca tutur Richard Bate.

Kami sudah melalui banyak sekali balapan di berbagai negara dunia, dengan bermacam macam musim. Jadi perihal menghadapi situasi seperti cuaca, kami siap mengakomodir sesuai dengan keadaan.

Tak hanya itu, tim Formula E juga sudah memperhatikan soal keamanan penonton secara umum.

Bate menjelaskan pihaknya akan mengarahkan dan menuntun semua orang untuk turun dari tribun jika cuaca sangat buruk, seperti ketika angin sangat kencang.

Proses ini sama seperti di acara lain, misalnya di Mandalika. Ini tak ada bedanya. Jadi, kami sudah sangat siap sekali, tandas Bate.

Sementara itu, dari sisi infrastruktur trek balapan, teknisi dan engineer Jakpro sudah menyiapkan drainase atau saluran khusus untuk menyalurkan volume air yang berlebih dari area trek balapan.

Drainase ini akan mencegah tergenangnya air di trek balapan, yang berpotensi mengganggu balapan.

Drainase ini dirancang baik sekali, dan akan membuat air meresap cepat mengalir ke bawah sehingga tidak membuat genangan dan mengganggu balapan.

"Kalian harus bangga dengan treknya. Ini fantastis sekali karena dirancang dengan sangat baik, imbuhnya.

Pernyataan Richard Bate juga didukung oleh Gemma Serra selaku Event Director FEO.

Dari sisi pertandingan, kalau sekadar hujan biasa seperti yang terjadi belakangan ini, itu tak masalah bagi balapan, kata Gemma Sierra.

Pasalnya, trek Formula E di Jakarta ini didesain dengan banyak drainase seperti yang telah diungkapkan Bate.

Lebih lanjut, Sierra mengatakan jika tiba-tiba cuaca menjadi esktrem seperti hujan dan angin topan disertai badai dan petir dalam jangka waktu lama, lalu marshal balapan hingga pembalap melihat genangan air begitu banyak di trek, maka balapan akan dihentikan sementara.

Meski begitu, Sierrayakin hal ini kemungkinan besar tak terjadi mengingat hujan akhir-akhir ini cenderung tak mengancam balapan dan drainase pun sudah dirancang begitu baik.

Panitia Formula E di Jakarta Angkat Isu Puan dan Dunia Balap dalam Forum Diskusi

&
Topik Menarik