10 Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

10 Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 25 Mei 2022 - 18:42
share

JAKARTA, iNews.id - Manakah negara dengan bahasa terbanyak di dunia? Berdasarkan laporan Ethnologue, sebuah lembaga riset bahasa, ada sekira 7.151 bahasa yang digunakan di berbagai di negara saat ini.

Jumlah ini terus mengalami perubahan, sekitar 40 persen bahasa terancam punah. Sementara itu, hanya 23 bahasa yang digunakan lebih dari setengah populasi dunia.

Berikut ini 10 negara dengan bahasa terbanyak di dunia.

Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia

1. Papua Nugini

Papua Nugini merupakan negara dengan bahasa terbanyak di dunia dengan total 840 bahasa. Sebagai gambaran, jumlah tersebut hampir 12% dari total keseluruhan bahasa dunia.
Bahasa nasional yang digunakan negara tetangga Indonesia ini adalah Hiri Motu, Tok Pisin, dan bahasa Inggris.

2. Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara dengan keberagaman suku dan budaya. Jumlah bahasa yang digunakan masyarakat Indonesia adalah 715 bahasa. Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional negara Indonesia.

Bahasa Indonesia dinyatakan kedudukannya sebagai bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945 karena pada saat itu Undang-Undang Dasar 1945 disahkan sebagai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa Bahasa negara ialah bahasa Indonesia (Bab XV, Pasal 36).

3. Nigeria

Terletak di Afrika Barat, Nigeria menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya.Negara ini berisi lebih dari 250 kelompok etnis yang berbicara lebih dari 500 bahasa yang berbeda. Total ada 527 bahasa yang digunakan di Nigeria.

4. India

Sekitar 6 % dari total keseluruhan bahasa di dunia ada di India. Tepatnya adalah 427 bahasa. Negara ini juga memiliki banyak bahasa nasional, seperti Assamese, Bengali, Bodo, Dogri, Gujarati, Hindi, Kannada, Kashmiri, Konkani, Maithili, Malayalam, Marathi, Meitei, Nepali, Oriya, Eastern Panjabi, Sanskrit, Santali, Sindhi, Tamil, Telugu, dan Urdu.

5. Amerika Serikat

Amerika Serikat masuk lima besar negara dengan bahasa terbanyak. Ada 337 bahasa yang digunakan oleh masyarakat AS untuk berkomunikasi.

Bahasa Inggris, Hawaiian di Hawai, serta bahasa Spanyol di Meksiko merupakan bahasa resmi negara Amerika Serikat.

6. Australia

Australia memiliki 317 bahasa atau sekitar 4 persen dari total keseluruhan bahasa di dunia.
Bahasa Inggris menjadi bahasa resmi atau bahasa nasional negara Kanguru ini.


7. Cina

Jumlah bahasa yang dimiliki Ciina sekitar 3,49 persen dari total keseluruhan bahasa di dunia. Tepatnya ada 241 bahasa yang digunakan di Cina.

Adapun bahasa nasional yang digunakan negara ini di antaranya adalah Mandarin Chinese, Daur, Kalmyk-Oirat, Lu, Peripheral Mongolian, Central Tibetan, Uyghur, Xibe, dan Northern Zhuang.

8. Meksiko

Meksiko menempati urutan kedelapan sebagai negara dengan bahasa terbanyak dengan jumlah bahasa sebanyak 301 bahasa. Spanyol merupakan bahasa nasional negara ini.

9. Kamerun

Republik Kamerun merupakan sebuah negara yang berada di Afrika Tengah. Kamerun merupakan tempat dari sekitar 200 kelompok etnis dan bahasa. Dikutip dari Ethnologue, jumlah bahasa yang dimiliki Kamerun adalah 277 bahasa. Bahasa nasional negara Kamerun adalah bahasa Inggris dan Prancis.

10. Brasil

Brasil menempati urutan kesepuluh dalam daftar negara dengan bahasa terbanyak di dunia. Jumlah bahasa yang dimiliki negara Brasil adalah 238 bahasa. Brasil menggunakan bahasa Portugis sebagai bahasa nasionalnya.

Nah, itulah 10 negara dengan bahasa terbanyak di dunia. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita.

Topik Menarik