Begini Catatan Pencapaian Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah SEA Games

Begini Catatan Pencapaian Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah SEA Games

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 22 Mei 2022 - 19:58
share

SEBAGAI salah satu negara dengan kultur sepak bola yang kuat di Asia Tenggara, Indonesia punya sejarah panjang di SEA Games. Timnas Indonesia bisa dibilang merupakan salah satu sosok yang paling diperhitungkan di cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games.

Sebagai catatan, Timnas Indonesia berhasil masuk tujuh kali final cabor sepak bola putra SEA Games. Dari tujuh kali final, sayangnya Skuad Garuda hanya mampu membawa dua medali emas.

Adapun dua medali emas itu diraih pada final cabor sepakbola putra SEA Games 1987 dan 1991. Pada edisi 1987, Timnas Indonesia mampu mengalahkan Malaysia lewat babak perpanjangan waktu dengan skor tipis 1-0.

Kemudian, medali emas kedua diraih pada tahun 1991, yang mana Skuad Garuda mampu menumbangkan Thailand lewat babak adu penalti (4-3). Setelah itu, Timnas Indonesia tak mampu mengulang prestasi yang sama.

Kendati demikian, selain medali emas, Timnas Indonesia juga berhasil mengoleksi lima medali perak. Lima medali perak itu diraih pada SEA Games edisi 1979, 1997, 2011, 2013, dan 2019.

Sementara itu, untuk perolehan medali perunggu, Timnas Indonesia mempunyai lima medali. Lima medali perunggu itu didapat dari SEA Games edisi 1981, 1989, 1999, 2017, dan 2021.

Catatan ini tentu belum bisa memuaskan bagi Timnas Indonesia di pesta olahraga Asia Tenggara. Pasalnya, Timnas Indonesia sudah terpaut jauh dari negara lain dalam perolehan medali emas di cabor sepakbola putra.

Sebagai catatan sementara, Timnas Thailand mempunyai koleksi 16 medali emas, Malaysia enam medali emas, dan Myanmar lima medali emas. Namun, baik Thailand maupun Vietnam masih memiliki kesempatan untuk menambah medali emas di SEA Games 2021 mengingat kedua tim saat ini sedang bertanding.

Sedangkan, Timnas Vietnam memiliki koleksi medali emas yang sama dengan Indonesia. Tentu saja, diharapkan Timnas Indonesia mampu menambah medali emas di SEA Games edisi selanjutnya.

Topik Menarik