Ernando Ari Bikin Malaysia Frustrasi, Timnas U-23 Raih Perunggu

Ernando Ari Bikin Malaysia Frustrasi, Timnas U-23 Raih Perunggu

Olahraga | genpi.co | Minggu, 22 Mei 2022 - 18:12
share

GenPI.co - Kiper Ernando Ari bikin Malaysia frustrasi, Timnas Indonesia U-23 meraih medali perunggu.

Hal itu dipastikan saat Timnas Indonesia U-23 melakoni laga perebutan medali perunggu SEA Games 2021 dengan menantang Malaysia pada Minggu (22/5) pukul 16:00 WIB.

Bermain di My Dinh National Stadium, Ha Noi, Vietnam, Timnas Indonesia U-23 bisa dikatakan tampil dalam kondisi pincang.

Pasalnya, terdapat lima pemain yang dikabarkan tidak akan tampil bersama skuad Garuda Muda saat melawan Malaysia.

Dari lima pemain tersebut, tiga di antaranya adalah Firza Andika, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto yang terkena kartu merah saat melawan Thailand di semifinal.

Kemudian ada Egy Maulana Vikri yang mengalami cedera saat melawan Thailand, serta Syahrian Abimanyu yang juga cedera ketika menjalani latihan.

Hal itu membuat Shin Tae Yong harus memutar otak untuk memainkan pemain yang ada sejak menit awal pertandingan.

Alhasil, Ronaldo Kwateh dan Irfan Jauhari pun menjadi starter oleh Shin Tae Yong di lini depan. Sedangkan lini tengah dipercayakan kepada Marselino Ferdinan untuk menggantikan posisi Kambuaya.

Dalam pertandingan tersebut, baik Timnas Indonesia U-23 dan Malaysia sama-sama bermain aman di sepanjang babak pertama. Kedua tim tidak terlihat begitu ngotot melakukan serangan, sehingga laga pun berakhir imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, baik Indonesia U-23 dan Malaysia mulai berani melakukan serangan berbahaya untuk mencuri gol.

Usaha itu pun membuahkan hasil. Garuda Muda berhasil meraih keunggulan terlebih dahulu lewat aksi Ronaldo Kwateh di menit ke-68.

Sempat unggul lama, sayangnya Timnas Indonesia U-23 harus kebobolan karena Malaysia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat Hadi Fayyadh di menit ke-81.

Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga laga usai. Khusus laga perolehan medali perunggu di SEA Games 2021, bila hasil sama kuat dalam 90 menit waktu normal, maka pertandingan pun langsung dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, kiper Ernando Ari tampil gemilang usai menahan dua tendangan Malaysia, sedangkan Indonesia hanya sekali gagal lewat tendangan Asnawi. Skuad Garuda Muda pun menang lewat skor 3-2 di babak adu penalti, dan berhasil meraih medali perunggu.

Susunan pemain Indonesia vs Thailand

Indonesia (4-3-3)

Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Marselino Ferdinan, Marc Klok, Saddil Ramdani; Witan Sulaeman, Ronaldo Kwateh, Irfan Jauhari

Malaysia (4-5-1)

Muhamad Rahadiazli; Quentin Cheng, Muhammad Azrin, Harith Haiqal, Muhammad Azam; Muhammad Mukhairi, Muhammad Nur, Ahmad Zikri, Muhammad Syahir, Muhammad Safwan; Ahmad Danial.

Jangan lewatkan video populer ini:

Topik Menarik