Djokovic dan Nadal Bertemu Lebih Cepat?

Djokovic dan Nadal Bertemu Lebih Cepat?

Olahraga | koran-jakarta.com | Sabtu, 21 Mei 2022 - 02:36
share

PARIS - Juara bertahan Novak Djokovic, juara 13 kali Rafael Nadal dan bintang baru tenis Carlos Alcaraz tergabung pada bagian sama dalam undian Prancis Open, Kamis (19/5) waktu setempat. Petenis nomor satu dunia Djokovic dan Nadal yang menempati peringkat lima, berpeluang bertemu lebih awal di perempat final.

Alcaraz, 19, sedang berusaha menjadi petenis remaja kedelapan yang memenangkan gelar Grand Slam. Dia bisa menghadapi Djokovic atau Nadal, yang memegang rekor 21 gelar Grand Slam, di semifinal. "Saya sangat termotivasi untuk memainkan permainan tenis terbaik," ujar juara Prancis Open dua kali dan juara Grand Slam 20 kali, Djokovic.

"Di Paris, saya selalu bermain sangat bagus. Tahun lalu, Prancis adalah turnamen Grand Slam terberat yang saya menangkan," sambungnya. Djokovic harus dua kali bangkit dari ketinggalan dua set, tahun lalu, untuk mengalahkan Lorenzo Musetti di babak 16 besar. Dia lalu mengalahkan Stefanos Tsitsipas di partai final. Dia juga mengalahkan Nadal dari ketinggalan satu set di semifinal yang menegangkan.

Djokovic, yang merayakan ulang tahun ke-35 hari Minggu, menghadapi peringkat 94 Yoshihito Nishioka dari Jepang di babak pertama. Djokovic mengalahkan Nishioka dua set langsung di babak ketiga Australia Open pada 2020. Nadal menghadapi petenis Australia Jordan Thompson di laga pertama saat berusaha memperpanjang raihan gelar Prancis Open.

Nadal hanya mengalami tiga kekalahan dalam 108 pertandingan di turnamen tersebut sejak debutnya dan memenangkan gelar pada 2005. Thompson, peringkat 82, melaju ke putaran ketiga di Paris pada 2019 sebelum kalah dari Juan Martin del Potro.

Nadal tiba di Roland Garros dengan tujuan untuk bangkit usai pulih dari cedera kaki jangka panjang yang membuatnya tertatih-tatih. Dia kalah di Roma pekan lalu, saat Djokovic merebut gelar keenam di ibu kota Italia tersebut. Petenis Spanyol ini berpeluang menghadapi juara 2015 Stan Wawrinka di babak kedua.

Alcaraz, peraih empat gelar pada 2022. Itu termasuk mahkota Masters di Miami, Madrid, Rio, dan Barcelona. Dia memulai dengan melawan petenis kualifikasi. Dia mengalahkan Djokovic dan Nadal dalam perjalanannya menuju kemenangan di Madrid. Lawan potensial Alcaraz di babak 32 besar adalah Sebastian Korda yang mengejutkannya di babak pertama Monte Carlo April lalu.

Unggulan kedua dan juara AS Open, Daniil Medvedev, menghadapi Facundo Bagnis dari Argentina di babak pertama. Pada undian putri, petenis nomor satu dunia Iga Swiatek dan juara Prancis Open 2020 memulai dengan pertandingan melawan petenis kualifikasi. Sedangkan unggulan kedua dan juara bertahan, Barbora Krejcikova, akan menghadapi petenis Prancis Diane Parry. ben/AFP/G-1

Topik Menarik