Loading...
Loading…
Surat dari Hanoi: Klenteng Gunung Giok, Salah Satu Destinasi Wisata di Ibu Kota

Surat dari Hanoi: Klenteng Gunung Giok, Salah Satu Destinasi Wisata di Ibu Kota

Olahraga | skor.id | Rabu, 18 Mei 2022 - 11:15

Liputan Langsung Jalu Wisnu Wirajati dari Hanoi

SKOR.id - Gelaran SEA Games 2021 menjadi hajatan Vietnam, khususnya pemerintah dan warga Kota Hanoi selaku tuan rumah.

Di pusat Kota Hanoi yang berjarak sekitar 30 menit dari arena SEA Games 2021, banyak terdapat gambar Sao La, maskot ajang dwi tahunan yang tertunda setahun gara-gara pandemi Covid-19 ini.

Salah satunya di Den Ngoc Son atau Ngoc Son Temple atau Klenteng Gunung Giok yang berada di atas Situ Hoan Kiem.

Klenteng yang dibangun dan didedikasikan untuk pahlawan bangsa Tran Hung Dao ini menjadi salah satu destinasi wisata di Hanoi, tepatnya Distrik Hoan Kiem.

Untuk bisa masuk ke klenteng tersebut, wisatawan harus melewati Chau The Huc atau Jembatan Sinar Mentari Pagi yang berwarna merah. Sebelumnya, pengunjung ditarik bayaran 30.000 VND (sekitar Rp20.000).

Area klenteng tersebut terdiri atas beberapa bangunan, yaitu Thap But (Menara Pena), Dai Nghien (Papan Tinta), Dac Nguyet (Paviliun Perenungan Bulan), dan Dinh Tran Ba (Paviliun Pemecah Gelombang).

Bagi penganut Konghucu, datang ke klenteng ini untuk beribadah, sedangkan wisatawan menyambangi tempat ini untuk sekadar berfoto atau menyewa pemandu agar mengetahui sejarah tempat tersebut.

Jasa fotografer dadakan juga ada. Berbekal kamera profesional, mereka menawarkan jasanya untuk para pengunjung yang tidak membawa alat untuk mengabadikan momen di tempat tersebut.

Tempat ini jika di Jakarta mungkin mirip Situ Lembang di bilangan Menteng. Selain sebagai tempat melepas lelah, sejumlah pedagang juga ada yang menawarkan dagangannya.

Situ Hoan Kiem juga menjadi titik pemberangkatan bus wisata Kota Hanoi. Rabu (18/5/2022) pagi, boks tiket penjualan bus ini dipenuhi sejumlah wisatawan, di antaranya para atlet dan ofisial Thailand.

Sambil menunggu jadwal keberangkatan bus, para atlet dan ofisial Thailand itu tampak berfoto di sekitar Hoan Kiem. Bisa jadi, mereka adalah atlet yang sudah selesai bertanding dan menunggu jadwal kembali ke negara asalnya.

Cerita Flairene Candrea, Raih Emas SEA Games 2021 Usai 3 Bulan Gabung Pelatnas Renang

&
Original Source

Topik Menarik