Syarat Berat Arsenal Lolos Liga Champions: Tottenham Perlu Tergelincir dan Skor 16-0

Syarat Berat Arsenal Lolos Liga Champions: Tottenham Perlu Tergelincir dan Skor 16-0

Olahraga | BuddyKu | Selasa, 17 Mei 2022 - 06:56
share

NEWCASTLE - Arsenal terancam gagal lolos ke Liga Champions usai takluk 0-2 dari Newcastle United pada laga tunda Liga Inggris 2021-2022, Selasa (17/5/2022) dini hari WIB. Peluang The Gunners lolos ke kompetisi tersebut masih terbuka tapi syaratnya sungguh berat.

Duel Newcastle United vs Arsenal sejatinya menjadi momentum bagus bagi tim tamu. Sayangnya, mereka harus menelan kekalahan gara-gara gol bunuh diri Ben White (55\') serta gol dari Bruno Guimaraes (85\').

Hasil tersebut membuat Arsenal gagal merebut kembali zona Liga Champions. Peringkat empat klasemen sementara saat ini diduduki sang rival sekota, Tottenham Hotspur, yang di akhir pekan menang tipis 1-0 atas Burnley.

Bek Arsenal, Ben White, mencetak gol bunuh diri sehingga Newcastle United memimpin 0-1 (Foto: Reuters/Lee Smith)
Bek Arsenal, Ben White, mencetak gol bunuh diri sehingga Newcastle United memimpin 0-1 (Foto: Reuters/Lee Smith)

Anak asuh Mikel Arteta kini menduduki peringkat kelima dengan koleksi 66 poin atau defisit dua angka dari The Lilywhites di tangga keempat. Di laga selanjutnya, Arsenal tidak hanya wajib menang, tetapi juga mesti berharap si tetangga tergelincir.

Pada laga pekan ke-38, Arsenal akan menjamu Everton di Stadion Emirates, Minggu (17/5/2022) pukul 22.00 WIB. Di saat bersamaan, Tottenham bertandang ke markas Norwich City di Stadion Carrow Road.

Kans Spurs tergelincir di markas Norwich masih cukup besar. Andai Tottenham kalah dan Arsenal menang, maka Bukayo Saka dan kawan-kawan akan lolos ke Liga Champions 2022-2023.

Hitung-hitungan matematis di atas masih termasuk syarat yang mudah. Ada satu syarat lain yang memberatkan Arsenal bila laga Norwich City vs Tottenham Hotspur berakhir sama kuat. Bila skenario ini terjadi, Arsenal mesti menang dengan skor minimal 16-0!

Jika Spurs dan Norwich berbagi satu poin sementara Arsenal menang, maka dua klub London Utara itu sama-sama mengemas 69 angka. Tottenham tentu lebih berpeluang lolos ke Liga Champions karena unggul jauh dari segi selisih gol (surplus 24 berbanding 9).

Karena itu, Arsenal harus menang dengan skor 16-0 atau minimal selisih 16 gol untuk merebut posisi empat dari tangan Tottenham Hotspur. Sebuah syarat gila yang terdengar rada mustahil untuk dipenuhi.

Posisi Arsenal kian terjepit. Kendati main di Emirates, Everton bisa saja memberi kejutan. Sebab, The Toffees mengincar angka penuh demi bertahan di kasta teratas Liga Inggris!

Topik Menarik