Jejak Timnas Indonesia di Semifinal SEA Games, Termasuk Langganan Bareng Thailand

Jejak Timnas Indonesia di Semifinal SEA Games, Termasuk Langganan Bareng Thailand

Olahraga | BuddyKu | Selasa, 17 Mei 2022 - 06:36
share

JEJAK Timnas Indonesia (Timnas Indonesia U-23) di semifinal SEA Games cukup panjang. Ternyata, Indonesia termasuk langganan semifinal SEA Games dan hanya kalah dari Timnas Thailand (Timnas Thailand U-23) saja.

Terhitung sejak diadakan pada 1959 silam, Indonesia telah tampil 17 kali di semifinal SEA Games. Artinya, Indonesia 13 kali gugur di babak grup pada ajang SEA Games dari 30 kali ikut serta.

Perlu dicatat, SEA Games yang kita kenal sekarang baru dihelat sejak 1977. Sebelumnya, SEA Games hanya diikuti oleh negara-negara yang berada di semenanjung, seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, Laos, dan Kamboja.

Sepanjang keikutsertaannya, Indonesia termasuk salah satu tim kuat. Pada debutnya saja, Timnas Indonesia sudah langsung menembus semifinal cabor sepak bola pada 1977. Namun, skuad Garuda hanya mampu finis keempat setelah dinyatakan kalah walkover (WO).

Saat itu, Indonesia seharusnya melawan Burma (Myanmar) pada perolehan medali perunggu. Akhirnya, Indonesia dinyatakan tidak hadir selama 15 menit jelang kick off.

Medali pertama diraih Indonesia pada SEA Games 1979. Ketika itu, Indonesia takluk di final dari Malayia dengan skor 0-1. Ironisnya, skuad Garuda bertindak sebagai tuan rumah SEA Games!

Dua tahun kemudian, Indonesia hanya meraih medali perunggu. Takluk 0-2 dari Thailand di semifinal, Indonesia meraih hadiah hiburan dengan menyikat Singapura untuk medali perunggu.

Prestasi tertinggi alias medali emas baru diraih pada SEA Games 1987 di Jakarta. Kali ini, gantian Malaysia yang disikat 1-0 lewat babak perpanjangan waktu. Emas berikutnya baru diraih pada 1991 dengan menaklukkan Thailand lewat babak adu penalti di Filipina.

Kini, peluang menambah raihan medali hadir pada SEA Games 2021. Timnas Indonesia U-23 melaju ke babak semifinal dan akan menghadapi Timnas Thailand U-23. Pertandingan itu akan dilangsungkan pada Jumat (19/5/2022) pukul 16.00 WIB.

Topik Menarik