SEA Games 2021 Hanoi: Raih 2 Emas, 1 Perunggu, Rifda Irfanaluthfi Masih yang Terbaik

SEA Games 2021 Hanoi: Raih 2 Emas, 1 Perunggu, Rifda Irfanaluthfi Masih yang Terbaik

Olahraga | skor.id | Senin, 16 Mei 2022 - 19:29
share

Liputan Langsung Suryansyah dari Hanoi

SKOR.id - Rifda Irfanaluthfi kembali tersenyum dari lantai senam artistik. Kalungan medali emas SEA Games 2021 Hanoi melingkari lehernya.

Tampil di Quan Ngua Gymnasium Hanoi, Senin (16/5/2022) Rifda Irfanaluthfi keluar sebagai pemenang nomor women Floor Exercie cabang olahraga senam. Rifda berhasil mengumpukan 12.700 poin.

Ini medali emas kedua Rifda di SEA Games 2021 Hanoi. Sebelumnya pesenam andalan Indonesia ini menyumbang emas nomor individual all around dan perunggu nomor vault.

Menariknya ini kedua emas yang diimpikannya sejak SEA Games 2015. Dua tahun lalu di SEA Games 2019 Manila dia menyambar medali emas nomor vault.

"Alhamdulillah impian saya tercapai. Kedua emas dari nomor ini memang sudah lama saya nantikan. Sebelumnya saya belum pernah mendapatkannya," kata Rifda yang tampak semringah.

Tapi,Rifda harus berbagi medali emas dengan wakil Thailand, Sasiwimon Mueangphuan. Kedua pesenam putri itu meraih total poin yang sama dalam hasil akhir.

Alhasil, tidak ada atlet yang menerima medali perak dalam ketegori Woman\'s Floor Exercise. Adapun, medali perunggu diperoleh pesenam tuan rumah Vietnam Nhu Phuong Pham.

Sejatinya, Rifda dalam kondisi tidak 100 persen fit. Dia tengah dibelit cedera lutut dan tulang kering di kakinya. Tapi, dia bertekad menutup SEA Games terakhirnya ini dengan goresan indah.

"Ini SEA Games terakhir saya karena SEA Games berikutnya di Mianmar kabarnya senam tidak dipertandingkan. Tapi, saya berharap bisa tampil di Asian Games dan Olimpiade. Karena itu akan akan fokus kepada dua event tersebut," harapnya.

Ini akan jadi SEA Games terakhir Rifda. Tapi, bukan berarti gadis berusia 23 tahun ini akan pensiun. Dia hanya ingin fokus untuk mengejar ke level lebih tinggi. Kebetulan dukungan kedua orang tuanya sangat besar.

"Saya berharap senam artistik mendapat pehatian lebih. Sebelumnya, senam artistik tidak mempunya sarana yang memadai. Kita latihan sendiri-sendiri di daerah masing-masing. Saya harap pemerintah bisa menyedikan sentral pelatnas.

Harapan Rifda direspon Deputi IV Kemenpora Chandra Bhakti. Menurutnya pemerintah tengah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Keberhasilan Rifda sudah kami analisis lewat tim review. Di Filipina Rifda juga meraih medali emas. Kami akan proyeksikan pada jenjang lebih tinggi. Dia diharapkan bisa berlatih sepanjang tahun. Ini sudah kami fasilitasi bahkan try out ke luar negeri," kata Chandra Bhakti.

Lebih lanjut dikatakan Rifda masih yang terbaik di Indonesia. Dia telah membuktikan dengan raihan dua medali emas. Tentu pemerintah, katanya mengucapkan selamat dan terima kasih atas kerja kerasnya.

"Rifda masih yang terbaik. Saya tegaskan Tim Review sangat objektif. Tidak ada like and dislike terhadap atlet. Kami mencari yang terbaik, sehingga bisa memanfaatkan anggaran yang ada untuk kemajuan para atlet," paparnya.*

SEA Games 2021 Hanoi: Timnas Pesta 4 Gol, Achsanul Qosasi Berikan Bonus

SEA Games 2021: Sang Ratu Senam Tertantang Melawan Diri Sendiri

&
Topik Menarik