3 Pelatih asal Indonesia yang Bikin India Tampil Garang di Piala Thomas 2022, Nomor 1 Eks Pelatih Taufik Hidayat

3 Pelatih asal Indonesia yang Bikin India Tampil Garang di Piala Thomas 2022, Nomor 1 Eks Pelatih Taufik Hidayat

Olahraga | BuddyKu | Senin, 16 Mei 2022 - 13:56
share

3 pelatih asal Indonesia yang bikin India tampil garang di Piala Thomas 2022 menarik dikulik. Sebab, peran mereka penting dalam menjadikan para pebulu tangkis India sekuat sekarang, meski kini sudah tak lagi melatih para pemain tersebut.

Sebagaimana diketahui, India baru saja sukses merebut trofi Piala Thomas 2022. Kepastian itu didapat usai mengalahkan Indonesia di final dengan skor 3-0.

India juara Piala Thomas 2022

Kesuksesan ini begitu istimewa untuk India karena membawa mereka mengukir sejarah baru di Piala Thomas 2022. Sebab, ini menjadi gelar juara Piala Thomas perdana mereka.

Di balik penampilan ciamik Srikanth Kidambi dkk, ternyata ada andil pelatih Indonesia. Meski kini sudah berstatus mantan pelatih, tangan dingin juru taktik Indonesia ada di perjalanan para pemain India dalam meniti karier hingga menjadi superior seperti sekarang ini.

Siapa saja mereka? Berikut 3 pelatih asal Indonesia yang bikin India tampil garang di Piala Thomas 2022.

3. Flandy Limpele

Flandy Limpele

Salah satu pelatih asal Indonesia yang bikin India tampil garang di Piala Thomas 2022 ialah Flandy Limpele. Tangan dinginnya sudah membawa ganda India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, menunjukkan kemajuan pesat dalam penampilannya.

Ya, kehebatan Flandy Limpele dalam melatih para pebulu tangkis dunia sudah tak perlu diragukan lagi. Dia sudah malang-melintang menangani pemain-pemain di berbagai negara dan sukses mengembangkan bakat mereka.

Ganda India, Rankireddy/Shetty, pun masuk daftar pemain yang pernah ditangani Flandy Limpele. Di bawah asuhannya, ganda India itu berkembang pesat hingga mendulang banyak prestasi. Namun, romansa kebersamaan mereka berakhir pada 2020.

Meski sudah tak lagi menangani Rankireddy/Shetty, Flandy Limpele tetap ada dalam perjalanan ganda Indonesia itu mengembangkan permainannya. Alhasil, Rankireddy/Shetty bahkan ikut menyumbang poin di laga final Indonesia vs India dalam Piala Thomas 2022. Mereka mengalahkan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo di partai kedua.

2. Agus Dwi Santoso

Agus Dwi Santoso

Di urutan kedua, ada Agus Dwi Santoso. Dia juga pernah melatih sektor tunggal putra India beberapa waktu silam. Kidambi Srikanth jadi salah satu pemain yang merasakan tangan dinginnya.

Di bawah asuhan Agus, Kidambi bisa terus mengembangkan skill permainannya. Semua dilakukan kala dirinya bersaing memperebutkan tiket Olimpiade Tokyo 2020. Namun, romansanya dengan India harus berakhir pada akhir 2021.

Topik Menarik