Loading...
Loading…
Penuhi Target 3 Emas, Timnas Wushu Indonesia Runner-up di SEA Games Vietnam

Penuhi Target 3 Emas, Timnas Wushu Indonesia Runner-up di SEA Games Vietnam

Powered by BuddyKu
Olahraga | Sportstars | Senin, 16 Mei 2022 - 05:16

HANOI - Timnas Wushu Indonesia berhasil memenuhi target tiga emas di SEA Games 2021 Vietnam. Tak cuma itu, wushu Merah Putih juga pulang dengan status runner-up pada multievent dua tahunan paling bergengsi se-ASEAN.

Wushu Indonesia mengoleksi 3 emas, 9 perak dan 3 perunggu. Sedangkan juara umum wushu diraih tuan rumah Vietnam dengan raihan 10 emas, 3 perak, dan 7 perunggu.

Menanggapi hal tersebut, Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI), Ngatino sangat mengapresiasi capaian yang didapat oleh Wushu. Hal ini ia ungkapkan saat ditemui usai pengalungan medal di Arena wushu Cau Giay Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Minggu (15/05/2022)

"Kami mengapresiasi perjuangan seluruh atlet yang telah memberikan yang terbaik. Hasil ini sudah bagus karena target 3 emas telah terpenuhi. Persaingan di wushu sangat ketat terutama datang dari tuan rumah Vietnam," kata Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI), Ngatino.

"Ya, Vietnam itu merupakan kekuatan wushu di kawasan Asia Tenggara. Ibaratkan kita bertanding di kandang Macan. Hasil 3 emas itu sudah bagus," timpal Pelatih Kepala Timmas Wushu Indonesia, Novita.

Pada pertandingan terakhir, Indonesia menambah 2 medali emas lewat penampilan Seraf Naro Siregar dan Juwita Malau. Seraf Naro merebut medali emas dari nomor Dao Shu dan Gunshu sedangkan Juwita Malau merebut emas Sanda kelas 48kh putri karena lawannya mundur akibat cedera.

Baca Juga :
Wushu Indonesia Nicholas Dan Alisya Incar Emas Di SEA Games Vietnam

Selain merebut 2 emas, Pasukan Garuda juga merebut 1 perak yang disumbangkan Nandhira Mauriska (Changquan Putri) dan 1 perunggu melalui Harris Horatius (Nangun putra) dari nomor Taolu.

Tambahan 5 perak lagi dipasok dari nomor Sanda melalui Rosalina Simanjutak (kelas 52kg putri), Melisa Try Andani (kelas 56kg putri), Laksamana Pandu (kelas 56kg putra), Jumanta (60kg putra) dan Puka Riyaya (kelas 70kg putra).

"Anak-anak sudah bermain maksimal tetapi memang lawan-lawan yang dihadapi jauh lebih bagus," kata Pelatih Timnas Wushu Indonesia khusus sanda, Mukhlis.

Menurut Mukhlis, prestasi atlet sanda Indonesia sudah jauh lebih baik dibandingkan pada SEA Games 2019 Filipina dimana hanya mampu meraih 2 perak dan 3 perunggu.

"Saat ini, kita bisa menempatkan 6 finalis dengan hasil 1 emas dan 5 perak serta 1 perunggu. ini prestasi yang bagus. Ke depan, kita harus bisa mempersiapkan lebih baik sehingga hasilnya juga lebih bagus lagi," ujar Mukhlis.

Baca Juga :
Fachruddin Mau Bawa Indonesia Terbang Tinggi di SEA Games Vietnam

Original Source

Topik Menarik

{