Loading...
Loading…
Belajar Atasi Ketakutan yang Melumpuhkan Anda dengan Tips Berikut Ini

Belajar Atasi Ketakutan yang Melumpuhkan Anda dengan Tips Berikut Ini

Olahraga | skor.id | Minggu, 15 Mei 2022 - 09:15

Kita harus membedakan antara ketakutan dan fobia. Jika ketakutan adalah perasaan normal dalam menghadapi persepsi ancaman, fobia menjadi sesuatu yang tidak rasional dan tidak proporsional. Namun, ada cara untuk mengatasi ketakutan dan belajar mengelolanya sehingga tidak menghalangi kehidupan kita sehari-hari.

SKOR.id - Ketakutan adalah sensasi negatif dan tidak menyenangkan yang kita rasakan ketika menghadapi sesuatu atau seseorang yang mungkin menjadi ancaman bagi kita.

Dengan mengasimilasi hal itu dapat menyebabkan semacam bahaya bagi kita, serangkaian reaksi fisik terpicu dalam tubuh kita, seperti berkeringat, napas yang memburu, menggigil, hingga nyeri dada....

Dan, ketika semua ini ditambahkan dengan pikiran, karena pikiran kita telah menjadi benar-benar terdistorsi, membuat ancaman lebih besar daripada yang mungkin terjadi.

Namun, perlu dipahami, kita harus membedakan antara ketakutan dan fobia.

Sementara ketakutan adalah perasaan normal dalam menghadapi persepsi ancaman, fobia menjadi sesuatu yang tidak rasional dan tidak proporsional.

Misalnya, ada orang yang mengidap arachnophobia: fobia terhadap laba-laba, dan mungkin akan terhalang, atau bahkan membeku, ketika melihat laba-laba kecil.

Baca Juga :
Sukses di Ring hingga Politik, Manny Pacquiao Mantap Jadi `Motivator`

Menjadi rasional, serangga seukuran kuku itu tidak mungkin merugikan kita banyak, tetapi melihatnya dan teror yang kita rasakan adalah sesuatu yang sama sekali tidak rasional.

Tetapi, untungnya, ada cara untuk mengatasi ketakutan dan belajar mengelolanya sehingga tidak menghalangi kehidupan kita sehari-hari. Untuk melakukan ini, Anda harus mengikuti langkah-langkah ini:

Asumsikan ketakutan Anda: jika kita tidak menerima bahwa ada sesuatu yang menakutkan kita, kita tidak akan bisa mengatasinya.

Karena itu, langkah pertama adalah mengenali ketakutan kita dan memahami dari mana asalnya

Anda telah melihat bahwa, dengan kiat-kiat ini, Anda ke depannya akan bisa merasionalisasi dan memahami rasa takut sehingga Anda dapat mengelolanya dengan lebih baik di lain waktu. Dan, ingat, ketakutan hanyalah sebuah perasaan, tidak akan mampu membahayakan untuk Anda. ***

Cara Membantu Anak Mengatasi Takut Gelap

5 Tips Vaksinasi bagi Pengidap Fobia Jarum Suntik

Original Source

Topik Menarik

{