Loading...
Loading…
Masjid Al Noor di Hanoi Diserbu Peserta SEA Games 2021

Masjid Al Noor di Hanoi Diserbu Peserta SEA Games 2021

Olahraga | skor.id | Minggu, 15 Mei 2022 - 08:08

Liputan Langsung Suryansyah dari Hanoi

SKOR.id - Dua pria duduk bersilah sembari memegang tasbih. Mereka menyapa salam ketika skor.id memasuki Masjid Al Noor di Hanoi untuk sholat zhuhur, Sabtu (14/5/2022).

Salah satu pria itu bernama Dung V Nam. Dia memperkenalkan kepada imam Masjid Al Noor. Namanya Ali Khan, berasal dari Paskistan. Tapi, sudah puluhan tahun tinggal di Vietnam.

Ketika menyebut Indonesia, Ali Khan dengan ramah menyambut. Menurutnya banyak atlet, pelatih, dan ofisial dari 11 negara peserta SEA Games 2021 berkunjung ke Masjid Al Noor.

"Masjid ini rumah Allah. Bukan hanya untuk masyarakat muslim di Hanoi. Tapi juga seluruh umat berbagai negara yang datang ke Vietnam," kata Ali Khan.

Lebih lanjut dikatakan jika Jumatan, Masjid ini penuh jamaah. Bisa mencapai antara 250 orang. Apalagi selama SEA Games 2021 Hanoi, bisa dua kali lipat jumlah jamaahnya.

Masjid Al Noor menurutnya juga menjadi bagian dari pesta olahraga se-Asia Tenggara dua tahunan itu.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pun tak ketinggalan.

Dia berkunjung pada Sabtu (14/5/2022) pagi. Sehari setelah mendukung tim dayung Indonesia yang mendulang 8 medali emas SEA Games 2021 Hanoi.

Baca Juga :
Kepolisian Vietnam Jamin SEA Games 2021 Berlangsung Tertib dan Aman

Masjid Al Noor berlokasi di 12 Hang Luoc Street, Hanoi. Hanya 12 km dari tempat penginapan skor.id di Western Skyline Hotel. Jika naik Grab hanya dikenakan ongkos 70.000 dong atau sekitar Rp44 ribu.

Tak jauh dari terminal bus dan stasiun kereta api Long Bien serta pusat pasar tradisional Dong Xuan.

Pintu halaman masjid tidak tertutup. Kunci gemboknya hanya dicantolkan di lubang pengait. Masjid ini dibuka 24 jam. Di sekitar masjid banyak pertokoan yang padat. Namanya Pasar Dong Xuan.

Areal masjid luasnya sekitar 300 meter persegi. Cukup asri, meski berada di jalan raya nan padat. Banyak pedagang bunga di sekitarnya.

Masjid didominasi warna hijau itu terlihat bersih. Pilar-pilarnya kokoh. Tercatat ada 19 pilar. Tempat wudu dan WC-nya juga resik. Tidak ada bau pesing. Begitu kran dibuka, wusair mengalir kencang. Ada 6 toilet duduk dan 11 tempat wudhu.

Pihak masjid juga menyediakan banyak sandal jepit untuk wudu bagi jamaah yang tidak membawa sandal.

Masjid Al-Noor dikelola pengurus yang merupakan bagian dari Mosque Management Committee, terdiri dari lima perwakilan kedutaan seperti Mesir, Libya, Aljazair, Irak, dan tentu saja Indonesia.

Baca Juga :
Kepolisian Vietnam Jamin SEA Games 2021 akan Berlangsung Tertib dan Aman

Kebanyakan jamaah yang datang adalah wisatawan Muslim yang berkunjung ke Hanoi. Tak heran memang karena tepat di sebelah masjid terdapat satu rumah makan halal Zaynab Restaurant.

Ruangan di dalam restoran hanya selebar kira-kira 2,5 meter kali lima meter, dengan empat buah meja makan serta beberapa kursi.

Umat muslim di seluruh Kota Hanoi ada sekitar 500 orang. Sedangkan di Vietnam sekitar 80 ribu orang. Paling banyak terkosentrasi di daerah Champa, Vietnam bagian selatan yang berdekatan dengan Kamboja .

Masjid Al Noor satu-satunya masjid di Kota Hanoi. Bahkan di Vietnam bagian utara. Tak heran kaum muslimin dari belahan dunia yang tinggal di Hanoi selalu salat Jumat di Masjid Al Noor.

Tak terkecuali staf KBRI Hanoi, para TKI, ekspatriat, dan para diplomat negara muslim asal Malaysia, Brunei, negara-negara Timur Tengah, India, Pakistan, dan Afrika. Semua tumplek di masjid bekas kuil itu.

Masjid An-Noor didirikan sudah lebih dari seabad yang lalu, yakni 1890. Masjid ini dibangun oleh para wirausaha India yang tinggal di Vietnam. Masjid Al-Noor menghadap ke barat, berarah ke Tanah Suci Makkah yang suci dari umat Muslim.

"Silakan solat Dzuhur," imbuh Ali Khan.*

SEA Games 2021 Hanoi: Timnas Pesta 4 Gol, Achsanul Qosasi Berikan Bonus

SEA Games 2021: Sang Ratu Senam Tertantang Melawan Diri Sendiri

Original Source

Topik Menarik

{
{