SEA Games 2021 Hanoi: Tim Rowing Indonesia Juara Umum, Menpora Amali: Terima Kasih Pak Basuki!

SEA Games 2021 Hanoi: Tim Rowing Indonesia Juara Umum, Menpora Amali: Terima Kasih Pak Basuki!

Olahraga | skor.id | Sabtu, 14 Mei 2022 - 19:46
share

Liputan Langsung Suryansyah dari Hanoi

SKOR.id - Tim Rowing Indonesia kembali membuktikan keperkasaannya. Mampu menjaga predikat sebagai Juara Umum SEA Games sejak 2013.

Dominasi akan peraihan medali emas dari cabang olahraga (cabor) dayung (rowing) pada SEA Games 2021 Vietnam ini sudah diprediksi.

Tak salah jika Tim Pakar merekomondasikan cabor ini sebagai salah satu cabor unggulan saat awal merumuskan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang memantau perjuangan wakil Indonesia di Tanah Air dari menit ke menit setiap harinya.

"Cabor dayung ini memang menjadi salah satu unggulan Indonesia untuk mendulang medali emas di tiap multi event atau single event. Makanya Tim pakar merekomondasikan sebagai unggulan saat awal merumuskan DBON," ucap Menpora Amali yang mengomentari rowing Indonesia sukses mempertahakan tradisi juara umum sejak SEA Games 2013 hingga kini.

Pada SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, tim rowing Indonesia mengemas 8 emas dan 5 perak. Hasil ini melampau target yang dicanangkan sebelumnya yakni 7 emas.

Tim Rowing Indonesia pertama kali menjadi juara umum di SEA Games pada 2013 di Myanmar dengan sukses meraih 5 emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Predikat juara umum tim rowing terjadi lagi ketika SEA Games berlangsung di Singapura 2015 lalu dengan menyumbangkan 8 emas, 6 perak dan 4 perunggu untuk kontingen Merah Putih.

Namun pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, rowing tidak dipertandingkan. Tapi SEA Games 2019 Manila, dominasi kembali terwujud dengan raihan 3 emas dan dua perak.

Menpora Amali pun menyebutkan terbukti juga dari hasil review sebelum keberangkatan kontingen ke SEA Games ke-31 di Vietnam ini, di mana nomor rowing dari cabor dayung ini pun direkomondasikan.

Melalui predikat juara umum yang kembali disandang tim rowing ini, Menpora Amali berharap bisa dipertahankan untuk waktu yang panjang, sehingga memacu semangat pembinaan dicabor dayung dimasa mendatang.

"Bravo Tim Dayung Indonesia terima kasih kepada Ketum PB PODSI Bapak Basuki Hadimuljono yang telah membina para atlet serta hadir langsung menyemangati atlet yang sedang bertanding di Vietnam," pungkas Menpora Amali.*

SEA Games 2021 Hanoi: Timnas Pesta 4 Gol, Achsanul Qosasi Berikan Bonus

SEA Games 2021: Sang Ratu Senam Tertantang Melawan Diri Sendiri

&
Topik Menarik