Elkan Baggott Gabung Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021, Siapa Tergusur?

Elkan Baggott Gabung Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021, Siapa Tergusur?

Olahraga | BuddyKu | Sabtu, 14 Mei 2022 - 13:19
share

PHU THO - Elkan Baggott dikabarkan akan segera bergabung dengan skuad Timnas Indonesia U-23 untuk berlaga dalam SEA Games 2021. Kini yang menjadi pertanyaan, siapa yang akan tergusur dengan kehadiran Elkan Baggott tersebut.

Nama Elkan sebetulnya sudah sejak awal dimasukkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk berpartisipasi di SEA Games 2021. Namun, bek berdarah Inggris-Indonesia itu belum bisa dilepas oleh pihak klub Ipswich Town karena jasanya untuk tim U-23.

Elkan dikabarkan baru bisa meninggalkan Ipswich Town pada Minggu (15/5/2022) besok. Dengan kata lain, kemungkinan besar Elkan baru akan bermain jika Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal.

Elkan Baggott

Datangnya Elkan ini tentu menjadi tambahan tenaga yang besar bagi Skuad Garuda Muda. Apalagi, lini pertahanan Indonesia cukup rapuh, lantaran sudah kebobolan empat gol dari tiga kali bertanding.

Pada matchday perdana melawan Timnas Vietnam U-23, Indonesia tumbang dengan skor telak 0-3. Sementara pada laga selanjutnya kontra Timnas Timor Leste U-23, pasukan Merah Putih menang 4-1. Indonesia baru mencatatkan cleansheet kontra Timnas Filipina U-23 dengan menang 4-0.

Sejauh ini Shin Tae-yong mengandalkan duet Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho di jantung pertahanan. Sementara Alfeandra Dewangga yang berposisi asli sebagai bek tengah digeser ke kiri untuk mengisi tempat yang biasa menjadi milik Pratama Arhan.

Hadirnya Elkan bisa menggantikan posisi Rizky Ridho sebagai teman duet Fachruddin. Elkan pasalnya punya keunggulan dalam postur tubuh sehingga mampu memenangi duel-duel udara.

Namun, skenario ini hanya akan terjadi jika Indonesia lolos ke semifinal. Sebagaimana diketahui, saat ini posisi Garuda Muda masih belum aman, meski menempati urutan kedua klasemen Grup A dengan enam poin.

Indonesia masih harus menghadapi Timnas Myanmar U-23 di matchday pamungkas. Untuk bisa lolos ke semifinal, Timnas Indonesia U-23 setidaknya mesti mendapat hasil imbang kontra Myanmar.

Topik Menarik