Jadi Penentu Tim Thomas Indonesia, Shesar Hiren: Harus Punya Mental

Jadi Penentu Tim Thomas Indonesia, Shesar Hiren: Harus Punya Mental

Olahraga | BuddyKu | Sabtu, 14 Mei 2022 - 06:59
share

BANGKOK Tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito, menjadi penentu kemenangan Tim Merah Putih atas Jepang di semifinal Piala Thomas 2022. Berbicara soal kesuksesannya ini, Vito mengungkapkan bahwa hal terpenting adalah harus punya mental bertanding yang kuat.

Bermain di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Jumat (13/5/2022) malam WIB, Vito berhadapan dengan Kodai Naraoka di partai kelima. Vito pun sukses memenangkan laga ini dengan skor 21-17 dan 21-11 dalam waktu 42 menit.

Pemain 28 tahun tersebut tampil gemilang sejak awal pertandingan. Dia tampil konsisten dan merebut kemenangan. Tim Thomas Indonesia pun lolos ke final dengan kemenangan 3-2 atas Jepang.

Shesar Hiren Rhustavito menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Jepang di semifinal Piala Thomas 2022 (Foto: Badminton Photo/Raphael Sachetat)
Shesar Hiren Rhustavito menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Jepang di semifinal Piala Thomas 2022 (Foto: Badminton Photo/Raphael Sachetat)

Penampilan Vito sendiri terbilang mengesankan. Maklum, dia mendapat tekanan untuk wajib meraih kemenangan demi melaju ke babak final. Namun, dia dapat memaksimalkan pengalamannya.

Tampil di partai penentuan saat kedudukan 2-2, tentu ada tegangnya. Cuma sejak awal saya sudah mempersiapkan diri. Saya punya pengalaman tampil di partai penentuan seperti di babak penyisihan Piala Thomas di Aarhus tahun lalu, kata Vito dalam rilis resmi PBSI.

Vito menyebut peringkat pemain tak terlalu mempengaruhi permainan. Dia merasa paling penting adalah mempersiapkan mental sebaik mungkin, sehingga dapat merebut kemenangan.

Main di partai penentuan itu, tidak harus pemain yang bagus dan rangkingnya tinggi. Sebaliknya, dia pemain yang harus siap mental dan bisa tampil habis-habisan. Bersyukur saya punya mentalitas dan bisa tampil habis-habisan, ujarnya.

Pada babak final, Indonesia akan berjumpa dengan India. Mereka secara dramatis berhasil melaju ke partai puncak setelah menaklukkan negara kuat lainnya, Denmark dengan skor 3-2.

India bukanlah lawan yang bisa dianggap enteng pada turnamen kali ini. Sebab, mereka memiliki tiga tunggal putra yang belakangan ini menampilkan performa menanjak.

Mereka adalah Lakshya Sen, Kidambi Srikanth, dan Prannoy HS. Pertandingan final ini akan dimainkan pada Minggu (15/5/2022).

Topik Menarik