Syarat Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal SEA Games 2021, Enggak Berat <i>Kok</i>!

Syarat Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal SEA Games 2021, Enggak Berat Kok!

Olahraga | BuddyKu | Sabtu, 14 Mei 2022 - 06:19
share

HANOI Timnas Indonesia U-23 hanya tinggal selangkah lagi lolos ke semifinal SEA Games 2021 cabor sepak bola putra. Syaratnya, skuad Garuda Muda hanya perlu memetik satu angka melawan Timnas Myanmar U-23 di laga terakhir.

Hal itu terjadi setelah Timnas Indonesia U-23 menang telak 4-0 atas Timnas Filipina U-23 di matchday ketiga Grup A cabor sepak bola SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022) sore WIB. Tambahan tiga poin itu menggenapkan koleksi Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan menjadi enam angka.

Filipina sendiri sudah pasti tersingkir karena hanya mengemas empat poin dari empat pertandingan. The Azkals finis di posisi empat Grup A SEA Games 2021.

Itu berarti, dua tiket ke semifinal hanya bisa diperebutkan oleh Timnas Indonesia U-23, Timnas Myanmar U-23, dan Timnas Vietnam U-23. Tuan rumah Vietnam bercokol di puncak dengan nilai tujuh usai menang tipis 1-0 atas Myanmar, Jumat (13/5/2022) malam WIB.

Sementara itu, Timnas Myanmar U-23 mengumpulkan poin yang sama dengan Indonesia yakni enam. Namun, mereka kalah dalam hal selisih gol. Indonesia sudah memasukkan delapan dan kebobolan empat, sedangkan Myanmar hanya memasukkan enam dan kemasukan lima.

Situasi itu sebetulnya menguntungkan Timnas Indonesia. Selama mereka tidak kalah pada laga terakhir melawan Myanmar U-23, Minggu (15/5/2022), Tim Merah Putih pasti lolos. Sementara itu, Myanmar harus memetik kemenangan untuk lolos karena selisih golnya hanya plus satu.

Vietnam di atas kertas pasti lolos karena hanya akan bertemu Timnas Timor Leste U-23 yang notabene juru kunci grup. Seri saja sudah cukup untuk membawa The Golden Stars lolos. Namun, gengsi sebagai tuan rumah, membuat anak asuh Park Hang-seo akan tetap memburu kemenangan.

Untuk juara grup, Vietnam jelas hanya butuh kemenangan. Sementara itu, Indonesia wajib menang melawan Myanmar, sembari berharap Timor Leste menciptakan kejutan. Myanmar bisa menjadi juara grup bila menang atas Indonesia dan Vietnam gagal mencuri tiga angka.

Tentu saja, Vietnam bisa tersingkir. Syaratnya, Timor Leste harus menang dengan margin lima gol dan laga Indonesia vs Myanmar berakhir seri. Namun, hal tersebut tampaknya mustahil terwujud. Berikut skenario lolos ketiga tim tersebut.

Vietnam lolos jika

Indonesia lolos jika

Myanmar lolos jika

Vietnam juara grup jika

Indonesia juara grup jika

Myanmar juara grup jika

Topik Menarik