Cerita Opening Ceremony SEA Games 2021: Sederhana tetapi Klimaks dan Memuaskan

Cerita Opening Ceremony SEA Games 2021: Sederhana tetapi Klimaks dan Memuaskan

Olahraga | skor.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 11:13
share

Laporan langsung Krisna Dhaneswara dan Yogie Gandanaya dari Hanoi

SKOR.id - Opening CeremonySEA Games 2021 yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam pada Kamis (12/5/2022) malam jauh dari kesan mewah dan megah.

Tidak ada koreografi laut, gunung, dan lain-lain layaknya pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta empat tahun lalu.

Pun jika dibandingkan dengan pembukaan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Opening Ceremony SEA Games 2021 kali ini juga masih kalah epik.

Lima tahun lalu, tuan rumah Malaysia menggelar pembukaan di Stadion Nasional Bukit Jalil dengan sangat mewah.

Bahkan bila dikomparasi dengan pembukaan SEA Games 2019 di Phillipine Arena, Filipina, SEA Games 2021 masih kalah megah.

Kekurangan sana-sini juga terlihat. Bayangkan, sembarang orang bisa masuk ke lintasan atletik Stadion My Dinh pada pukul 18.00 atau dua jam sebelum acara dimulai.

Belum lagi kursi media juga tidak jelas. Ya, pihak keamanan menyuruh awak pers duduk di tempat yang sebenarnya dijual untuk umum.

Alhasil, banyak media yang terusir dari tempat duduk karena ada penonton yang membawa tiket resmi telah memesan kursi tersebut.

Kamar mandi bau "semerbak" dan matinya elevator di Stadion My Dinh jadi hiasan partai pembukaan.

Belum lagi, selama upacara pembukaan, tidak ada media room yang memadai untuk jurnalis melaporkan langsung dari lokasi. Tak ada Wi-Fi maupun meja yang tersedia.

Defile juga tidak dibuat mengelilingi stadion layaknya upacara pembukaan multievent lain.

Para peserta defile hanya muncul dari tribune timur lalu berjalan ke tengah lapangan sebelum di arahkan ke sisi samping.

Meski demikian, panitia penyelenggara ternyata mampu menyulap upacara pembukaan dengan serba kekurangan ini menjadi meriah dan sangat klimaks.

Walau dengankoreografi sederhana, kekompakan antarpenari yang tampil di Opening Ceremony SEA Games 2021 tampak begitu nyata.

Ini membuktikan kalau persiapan pembukaan tidak dilakukan ala-ala Bandung Bondowoso membangun candi alias dikebut.

Belum lagi, upacara pembukaan bisa digelar dengan sangat klimaks. Parade kembang api, terutama di akhir acara begitu menggelegar.

Kombinasi warna api yang dihasilkan rentetan kembang api sangat bagus. Bahkan, juga ada kesan agak mencekam karena asap berwarna oranye membumbung di atas langit My Dinh.

Apa pun itu, ini memang sudah hal paling maksimal yang bisa dilakukan tuan rumah Vietnam untuk Opening Ceremony SEA Games 2021.

Terus tertunda karena pandemi Covid-19, Vietnam akhirnya bisa menggelar SEA Games 2021 meskipun persiapannya kurang memadai.

"Memang pembukaannya sederhana tetapi saya puas karena acara berlangsung meriah. Pokoknya bagus lah buat Vietnam," kata Domi, suporter Indonesia yang rela jauh-jauh datang dari Yogyakarta.

Daftar Flag Bearer di Opening Ceremony SEA Games 2021, Malaysia Tampil Paling Beda

&
Topik Menarik