Hasil Thomas Cup 2022: Perempat Final Sarat Drama, Indonesia Jadi Tim dengan Perjalanan Paling ``Mulus``

Hasil Thomas Cup 2022: Perempat Final Sarat Drama, Indonesia Jadi Tim dengan Perjalanan Paling ``Mulus``

Olahraga | skor.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 01:07
share

SKOR.id - Seluruh rangkaian laga perempat final Thomas Cup 2022 baru saja tuntasdigelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand pada Jumat (13/5/2022) dini hari WIB.

Jepang jadi negara pertama yang sukses melaju ke semifinal usai mengatasi perlawanan Taiwan pada sesi siang yang berlangsung Kamis (12/5/2022) mulai pukul 14.00 WIB.

Namun, kelolosan Kento Momota dan kawan-kawan ke semifinal Thomas Cup 2022 diraih dengan cara yang tidak mudah. Mereka harus menjalani duel lima partai kontra Taiwan.

Jepang yang lolos ke perempat final sebagai runner up Grup D lebih dulu merebut partai pertama. Namun, Taiwan yang berstatus juara Grup C langsung merespons dengan apik.

Taiwan berbalik unggul usai merebut partai kedua dan ketiga sebelum Jepang kembali menyamakan kedudukan lewat Akira Koga/Yuta Watanabe pada partai keempat.

Tiket pertama semifinal Thomas Cup 2022 pada akhirnya jadi milik Jepang setelahKenta Nishimoto mengalahkan Liao Jhuo-Fu pada partai kelima.

Selain membawa ke semifinal, hasil ini seolah jadi penebus kegagalan Jepang jadi penguasa Grup D usai tumbang 2-3 dari Malaysia di lagaterakhir penyisihan grup.

Selanjutnya, Jepang bakalmelakoni laga semifinal dengan menantang Indonesia yang berstatus unggulan pertama sekaligus juara bertahan.

Indonesia sendiri lolos ke perempat final dengan status juara Grup A.Mereka kemudian melaju ke semifinalusai mengalahkanrunner up Grup B, Cina.

Bermain di sesi malam (mulai pukul 19.00 WIB), Indonesia membuka keunggulan lewat Anthony Sinisuka Ginting.

Kemenangan ini jadi catatan positif bagi Anthony Sinisuka Ginting yang sebelumya selalu kalah saat diturunkan pada babak penyisihan grup Thomas Cup 2022.

Tim putra Indonesia kemudian menjauh usai pasangan "dadakan" Kevin Sanjaya Sukamuljo/Mohammad Ahsan berhasil memenangi partai kedua.

Laga akhirnya tuntas pada partai ketiga setelah Jonatan Christie mengatasiperlawanan Li Shi Feng lewat straight game berdurasi 52 menit.

Indonesia ternyata jadi satu-satunya tim yang mampu lolos ke semifinal Thomas Cup 2022 via kemenangan 3-0 pada babakdelapan besar.

Pasalnya, dua lagaperempat final Thomas Cup 2022 lainnya yang digelar pada sesi malam harus berlangsung hingga partai kelima seperti duel Jepang vs Taiwan.

Tim putra Indiasukses mengantongi tiket ketiga menuju semifinal Thomas Cup 2022 usai mengatasi perlawanan Malaysia dengan skor 3-2.

India yang lolos ke perempat final sebagai runner up Grup C sejatinya sempat lebih dulu tertinggal 0-1 dari Malaysia selaku juara Grup D.

Namun, India membalik momentum dengan merebut partai kedua dan ketiga sebelum Malaysia kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Partai kelima pun harus digelar untuk menentukan pemenang dan India berhasil mengamankanmomen penting itu lewat sosok Prannoy H.S.

Bagi India, kemenangan ini sangatlah bersejarah karena mengantar mereka untuk kali pertama menjejakkan kaki ke semifinal Thomas Cup.

Sementara itu, tiket terakhir semifinal Thomas Cup 2022 dikantongi Denmarkusai memenangi duel lima partai kontra Korea Selatan selaku runner up Grup A.

Denmark yang lolos ke perempat final Thomas Cup 2022 sebagai juara Grup D lebih dulu unggul lewat kemenangan rubber game Viktor Axelsen pada partai pertama.

Namun, tim putra Negeri Ginseng merespons dengan merebut partai kedualewat Kang Minhyuk/Seo Sungjae dan berlanjut ke laga ketiga via Jeon Hyeok-jin.

Korea Selatan makin di atas angin saat Choi Solgyu/Kim Wonho merebut game pertama partai keempat. Mereka bahkan sempat menyentuh match point pada game kedua.

Namun, peluang itu seolah terbuang sia-sia usai Anders Skaarup Rasmussen/Frederik Sogaard mampu membalik momentum untuk merebut game kedua dengan skor 23-21.

Momentum itu pun terus berlanjut. Rasmussen/Sogaardmerebut game ketiga yang artinya Denmark memenangi partai keempat sekaligusmemaksa partai kelima berlangsung.

Denmark pada akhirnya sukses mengatasi perlawanan Korea Selatan dengan skor tipis 3-2 usai Rasmus Gemke menang dua game langsung atasLee Yun-gyu.

Kemenangan Denmark bisa jadi merupakan comeback terepik dalam Thomas Cup 2022 mengingat mereka sempat berjarak satu poin dari kekalahan.

Selanjutnya, semifinal Thomas Cup 2022 bakal berlangsung pada Jumat (13/5/2022) mulai pukul 18.00 WIB.

Indonesia akan berhadapan dengan Jepang di Lapangan 2. Sedangkan partai India kontra Denmark tersaji di Lapangan 1.

Thomas Cup 2022: Indonesia Bikin Cina Ulangi\'\'Sejarah Kelam\'\' Tahun 2016

&
Topik Menarik