Sea Games, Anak-Ayah Raih Emas

Sea Games, Anak-Ayah Raih Emas

Olahraga | koran-jakarta.com | Rabu, 11 Mei 2022 - 21:13
share

Ada yang menarik di cabang pencak silat SEA Games Vietnam. Di mana salah satu atlet cabang pencak silat Riska Hermawan menggondol medali emas. Lalu di mana keunikannya? Dia melanjutkan tradisi sanga ayah, yang juga meraih medali emas pencak silat SEA Games. Riska sendiri mengatakan tak menyangka bisa menggondol medali emas seperti dilakukan ayahnya Cece Hermawan pada SEA Games 1997 di Jakarta.

Bertanding pada nomor seni ganda putri bersama Ririn Rinasih, Riska berhasil menyumbangkan medali emas pertama dari cabang olahraga pencak silat pada SEA Games Vietnam 2021 di Bac Tu Liem Sport Center, Hanoi, Vietnam, Rabu (11/5).

Dua pesilat andalan Indonesia ini menumbangkan pasangan tuan rumah Vietnam, Nguyen Thi Thu Ha dan Nguyen Thi Huyen. Mereka mengumpulkan 9.955 poin atau terpaut jauh 30 poin di atas lawannya.
"Saya persembahkan medali ini untuk ayah karena dia juga atlet nasional yang pernah memberikan emas SEA Games kepada Indonesia," kata atlet berusia 26 tahun kelahiran Bandung ini.
Riska mulai mengenal pencak silat sejak kelas empat Sekolah Dasar.

Sementra itu Kontingen Indonesia untuk sementara menempati peringkat tiga daftar perolehan medali SEA Games Vietnam 2021. Hingga Rabu (11/5) siang Indonesia meraih tiga medali emas. Medali emas lain dari cabang dayung lewat Kukan Rusmana dan Ardi Isedi pada nomor lightweight men\'s double sculls.

Sulpianto dan Memo menambah emas kedua dari nomor Men\'s Double Sculls setelah mengalahkan Thailand, Kamboja dan Vietnam. "Kami tidak menyangka ternyata menjadi penyumbang emas pertama untuk Indonesia di SEA Games. Rasanya sangat senang," ujar Kakan selepas lomba di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center.

"Kami memang sudah memprediksi bisa mendapat emas pada dua nomor ini karena kami juga sudah mempelajari dan melihat kekuatan lawan," ujar pelatih tim dayung Indonesia M. Hadris.

Indonesia juga mendapatkan dua perak yang berasal dari nomor women\'s quadruple sculls (W4X) oleh Putri Agni Anugerah, Annisa Meilani Yahya, Maslin Efrilia dan Dewi Purwanti. Perak kedua datang dari nomor women\'s four (W4-) oleh Syvia Lisdiana, Julianti, Aisah Nabila, dan Chelsea Corputty.

Tim dayung menjadi salah satu kontingen Indonesia yang bertanding lebih awal sejak 9 Mei sebelum upacara pembukaan dimulai Kamis (12/5).

Topik Menarik