Loading...
Loading…
10 Rekor Lionel Messi yang Sulit Dipecahkan

10 Rekor Lionel Messi yang Sulit Dipecahkan

Olahraga | skor.id | Kamis, 25 Juni 2020 - 12:00
-Selama hampir dua dekade membela Barcelona , Lionel Messi memegang deretan rekor bergengsi, yang mungkin akan sulit dipecahkan oleh generasi penerusnya.

Rosario, salah satu kota di Argentina, mungkin tak pernah menyangka, sosok yang lahir pada 24 Juni 1987 ini akan menjadi pemain pujaan pecinta sepak bola dunia.

Messi kecil berkelana ke Barcelona pada 2001 untuk mewujudkan mimpinya. Singkat cerita, La Pulgakemudian menembus tim utama Barcelona lebih dari sedekade lalu. Sejak saat itu, namanya selalu menjadi pusat perhatian dunia.

Seiring berjalannya waktu, La Pulga diklaim sebagai pemain terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah.

Si Kutu kemudian menjadi inspirasi generasi di bawahnya untuk menjadi pesepak bola yang tak kalah hebat darinya. Sudah banyak bakat-bakat baru di dunia yang disebut sebagai "Lionel Messi baru".

Bukan sebuah kebetulan semata jika Messi disebut sebagai idola. Hampir semua gelar bergengsi, baik di level klub dan individu, sudah diraih La Pulga. Dalam perjalanan kariernya, pemain 33 tahun ini juga mengukir rentetan rekor mencengangkan.

Masih dalam rangka merayakan ulang tahun Messi ke-33, Skor.id merangkum deretan rekor yang pernah dipecahkan La Pulga,dan mungkin akan sulit diikuti generasi lain.

1. Gol dan Hat-trick terbanyak di Liga Spanyol

Messi dikenal sebagai sosok pemain yang tak pernah merasa kenyang gol. Dalam sejarah Liga Spanyol, hanya ada sembilan pemain yang melewati 200 gol, termasuk Messi dan rival abadinya, Cristiano Ronaldo.

Namun, ketajaman La Pulga jauh melebihi para pencetak gol lainnya yang pernah berkarier di sepak bola kasta tertinggi Spanyol.

Kapten Barcelona ini telah mengoleksi 440 gol hanya dalam 478 penampilan, yang menjadikannya pemain paling tajam sepanjang sejarah La Liga. Ia unggul 129 gol dari eks pemain Real Madrid yang kini membela Juventus, Ronaldo.

Pemain kelahiran Rosario ini juga menjadikan mencetak gol sebagai kebiasaan. Terbukti, ia mengoleksi 36 hat-trick di Liga Spanyol, unggul dua dari Ronaldo.

2. Pemain Tersubur dalam Satu Tahun Kalender

Penyerang legendaris Bayern Munchen dan timnas Jerman, Gerd Muller, pernah menjadi pemain tersubur dalam satu tahun kalender pada 1972.

Sepanjang 12 bulan di tahun tersebut, Muller melesakkan 85 gol. Rekor ini bertahan sangat lama, 40 tahun. Sampai akhirnya Messi menjebol gawang lawan sebanyak 91 kali sepanjang 2012 silam. Fantastis.

Kala itu, Messi mencetak 79 gol untuk Barcelona dan tambahan 12 lainnya di timnas Argentina.

Ia menjadi protagonis dalam sukses Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola saat itu, ketika mereka menyabet titel Liga Spanyol dengan raihan 100 poin.

Dari 79 golnya untuk Blaugrana, Messi mengepak 59 di La Liga, 13 di Liga Champions,5 di Copa del Rey, dan 2 di Piala Super Spanyol. Selain subur di mulut gawang lawan, Messi jugamampumenjadi "pelayan" untuk rekan setimnya, dengan kontribusi 24 assist .

3. Ballon dOr danSepatu Emas Terbanyak

Ballon dOr atau penghargaan individu paling bergengsi bagi insan sepak bola, dikuasai duet Messi dan Ronaldo dalam sedekade terakhir.

Namun, meski kapten Portugal Ronaldo memenangkannya pada 2008, 2013, 2014, 1016 dan 2017, Messi tetap lebih superior.

La Pulga dianugerahi bola emas ikonik tersebut selama empat tahun konsekutif antara 2009 dan 2012, yang seluruhnya terjadi saat ia dilatih Guardiola.

Sang kapten kembali menjadi kampiun Ballon dOr pada 2015 ketika merengkuh treble winners kedua, dan terakhir pada 2019, menempatkannya unggul satu gelar dari Ronaldo.

Bukan cuma Ballon dOr, nama Messi juga paling sering disebut dalam penghargaan Sepatu Emas. Penghargaan yang diberikan kepada pemain paling subur di liga top Eropa ini sudah enam kali diklaim La Pulga.

4. Tersubur dalam Satu Musim Liga Spanyol

Messi dan Guardiola seperti pasangan sempurna. Pelatih yang kini menangani Manchester City itu disebut sebagai sosok paling ideal untuk Messi.

Bukan cuma soal penampilan di lapangan, Guardiola juga dikabarkan memonitor langsung asupan makanan La Pulga saat masih di Camp Nou.

Barcelona memang kehilangan gelar Liga Spanyol 2011-2012, yang saat itu dipetik Real Madrid besutan Jose Mourinho. Tapi, Messi mencetak 50 gol liga hanya dalam 37 penampilan.

La Pulga meraih trofi El Pihcichi , dan sampai sekarang rekor tersebut belum terpecahkan.

Uniknya, di musim tersebut Ronaldo juga subur bersama Los Merengues, dengan berkontribusi 46 gol atas namanya.

5. Gol Terbanyak di Fase Grup, 16 Besar, dan Hat-trick Liga Champions

Selain di kancah domestik, Messi juga sangat ditakuti lawan di level Eropa. La Pulga mengoleksi empat gelar Liga Champions dan dalam prosesnya, mencatat berbagai rekor.

Messi menjadi pemain paling subur di penyisihan grup Liga Champions dengan 68 gol. Ia juga memegang rekor di babak 16 besar dengan mengepak 26 gol dalam 29 penampilan.

Untuk urusan hat-trick , Messi memiliki rekor sama dengan Ronaldo, delapan kali mengemas treble dalam satu laga.

Jangan lupakan juga, Messi merupakan satu-satunya pemain yang berhasil memborong lima gol sekaligus hanya dalam satu pertandingan fase gugur Liga Champions.

Ini terjadi di leg kedua babak 16 besar musim 2011/2012, saat Blaugrana meluluhlantakkan Bayer Leverkusen 7-1 di Camp Nou.

La Pulga merupakan pencetak gol tertinggi kedua di turnamen dengan 114 gol, atau 15 gol di belakang Ronaldo.

6. Pilar Barcelona dengan Gelar Terbanyak

La Pulga memenangi setiap trofi yang tersedia di level klub, dan memainkan peran kunci dalam sukes Barcelona memenangkannya.

Selama 16 tahun mengabdi di klub Catalan, Messi telah mengoleksi 34 gelar, termasuk sepuluh Liga Spanyol, empat Liga Champions dan enam Copa del Rey.

Itu masih ditambah enam Supercopa de Espana, tiga Piala Dunia Antarklub serta tiga Piala Super UEFA yang melengkapi pencapaian Si Kutu bersama Barca.

7. Pemain Asing dengan Gelar Liga Spanyol Terbanyak

Messi sudah mengantungi sepuluh titel La Liga, yang menjadikannya pemain asing dengan gelar kompetisi domestik terbanyak sepanjang sejarah Spanyol.

Catatan ini hanya kurang dua dari legenda Los Merengues, Paco Gento, sebagai pemain dengan gelar Liga Spanyol paling banyak sepanjang sejarah. Gento merangkum 12 trofi liga selama 18 tahun di klub, dan angka ini masih sangat mungkin dikejar Messi.

8. Raja El Clasico

Dalam laga bertajuk El Clasico, salah satu duel sepak bola yang paling diminati di dunia, Messi jadi raja gol.

Pilar Barcelona ini telah mengoleksi 26 gol di pertandingan versus Real Madrid, delapan lebih banyak dari yang ditorehkan Ronaldo.

9. Top Skor Timnas Argentina

Messi memang kerap menemui kegagalan saat membela timnas Argentina. Tiga kali melaju ke final turnamen mayor, tiga kali pula La Pulga cuma membawa pulang medali perak.

Pertama, di Piala Dunia 2014, Argentina kalah dari Jerman, kemudian Copa America 2015 dan 2016 tersungkur di tangan Cile.

Namun, kontribusinya bersama tim Tango sebenarnya tak bisa dipandang sebelah mata. Messi adalah pencetak gol terbanyak di negaranya dengan 70 gol, dan menyuplai 38 assist . Catatan golnya mengungguli perolehan Gabriel Batistuta (54).

10. Pemain Pengganti Tersubur di La Liga

Meski tidak masuk sebagai starter, Messi tetap memiliki peran penting di tim. Seperti terjadi ketika Barcelona mengalahkan Leganes 3-1 di Camp Nou, pada Januari 2019.

Saat itu, tim tamu menyamakan kedudukan melalui Martin Braithwaite, yang kini menjadi pemain Blaugrana.

Saat kedudukan imbang 1-1, pelatih Ernesto Valverde memasukkan La Pulga menggantikan Carles Alena di menit ke-64. Benar saja, tembakan melengkungnya di menit ke-71 sulit dihalau pemain lawan dan memuluskan Luis Suarez mengembalikan keunggulan the Catalans lewat bola rebound.

Di pengujung laga, aksi Messi kembali bikin geleng-geleng kepala barisan pertahanan Leganes. Kerja sama apik dengan Jordi Alba dituntaskan dengan manis oleh Si Kutu untuk mencatatkan namanya di papan skor.

Ini membuktikan Lionel Messi tetap memiliki pengaruh penting meski turun dari bench , di mana ia melesakkan 22 gol di liga.

Ikuti juga Instagram , Facebook , YouTube , dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Lionel Messi Lainnya:

5 Pemain Gandengan Lionel Messi di Lini Depan Barcelona

Makna Tersembunyi di Balik Selebrasi Seorang Lionel Messi

Original Source

Topik Menarik