Resmi, FIFA Jadwal Ulang Laga Brasil vs Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Resmi, FIFA Jadwal Ulang Laga Brasil vs Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Olahraga | sindonews | Selasa, 10 Mei 2022 - 02:02
share

ZURICH - Federasi Sepak bola Dunia ( FIFA ) telahmengambil keputusan atas laga Tim Nasional Brasil melawan Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan. Sebagai informasi, laga tersebut ditunda tahun lalu karena pelanggaran protokol kesehatan.

Pada pertandingan yang berlangsung pada 5 September 2021 lalu di Neo Quimica Arena, Sao Paolo, Brasil itu, wasit memberhentikan laga saat baru berjalan enam menit. Hal itu terjadi setelah otoritas kesehatan Brasil dan petugas keamanan setempat masuk ke lapangan.

Kedua pihak tersebut mencari empat pemain Argentina, yakni Emiliano Buendia, Emiliano Martinez, Giovani Lo Celco dan Cristian Romero. Keempat pemain tersebut dianggap melanggar protokol kesehatan, dalam hal ini adalah kewajiban karantina selama 14 hari setelah tiba di Negeri Samba.

Alhasil, pertandingan itu pun terpaksa ditunda. Lalu, FIFA memberikan denda kepada Federasi Sepakbola Brasil (CBF) dan juga Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA), namun baik CBF dan AFA melakukan banding atas hukuman tersebut.

Dilansir dari laman resmi FIFA, Senin (9/5/2022), Komite Banding FIFA telah mengambil keputusan atas banding yang diajukan oleh CBF dan AFA. Mereka memutuskan untuk mengulang pertandingan antara Brasil dan Argentina yang sempat tertunda tersebut, namun belum diketahui kapan tanggal pasti pertandingan ulang tersebut akan digelar.

Selain itu, Komite Banding FIFA juga memutuskan untuk mengurangi denda kepada CBF dan AFA menjadi 50.000 (Rp730.000) Franc Swiss saja. Angka tersebut 250.000 Franc Swiss lebih ringan bagi CBF dari hukuman yang ditetapkan sebelumnya karena mereka dianggap lalai dalam menegakkan ketertiban dan keamanan.

Lalu, bagi AFA, jumlah tersebut 100.000 Franc Swiss lebih ringan dari sebelumnya. Mereka didenda akibat kegagalan mereka memenuhi kewajiban dalam persiapan dan partisipasi pertanidngan.

Kendati bakal diulang, laga antara Selecao julukan Brasil- dan La Albiceleste julukan Argentina- tersebut sudah tidak akan berpengaruh apa-apa. Pasalnya, kedua tim telah mengamankan posisi pertama dan kedua di Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang membuat mereka dipastikan tampil di Qatar pada akhir tahun ini.

Selain itu, jika Lionel Messi dan kolega menang, mereka juga tidak akan bisa mengkudeta posisi puncak dari Brasil. Sebab, mereka berjarak enam poin dari Roberto Firmino dkk.

Topik Menarik