Hasil F1 GP Miami 2022: Max Verstappen Jadi Raja, Charles Leclerc Kedua

Hasil F1 GP Miami 2022: Max Verstappen Jadi Raja, Charles Leclerc Kedua

Olahraga | inewsid | Senin, 9 Mei 2022 - 04:43
share

MIAMI, iNews.id Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen juara F1 GP Miami 2022, Senin (9/5/2022) dini hari WIB. Dia mengasapi rivalnya, Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) di urutan kedua.

Jalannya Balapan

Charles Leclerc langsung memimpin di awal-awal balapan yang berlangsung di Miami International Autodrome, Amerika Serikat itu. Pembalap asal Monako itu berhasil mempertahankan posisinya dan unggul atas Max Verstappen, Carlos Sainz, dan Sergio Perez secara berurutan di lap pertama.

Di sisi lain, Lewis Hamilton berhasil memanfaatkan zona DRS untuk menyalip Fernando Alonso dalam perebutan posisi ketujuh. Pada lap-lap berikutnya, terpantau Hamilton terus tampil agresif untuk mendapatkan posisi terbaik.

Sementara, persaingan di urutan terdepan semakin memanas usai Verstappen mencoba peruntungan zona DRS. Namun demikian, pembalap asal Belanda itu belum bisa menggeser posisi Leclerc.

Memasuki lap ke-9, upaya yang terus dilakukan Verstappen akhirnya berbuah manis. Ya, The Dutch Devil -julukan Max Verstappen- akhirnya sukses menggeser Leclerc untuk meraih posisi pertama.

Momentum itu dimanfaatkan oleh Verstappen dengan baik. Pada lap ke-17, Leclerc melakukan kesalahan karena melebar saat melewati tikungan. Hal ini membuat Verstappen memiliki keunggulan satu detik atas Leclerc.

Sementara itu, Hamilton terus berupaya untuk mendapatkan posisi terbaiknya dalam balapan ini. Memasuki lap ke-19, pembalap asal Inggris itu bertarung untuk posisi keenam dengan kawan lamanya yang sudah menjadi lawan, Valtterri Bottas.

Di zona terdepan, pertarungan Verstappen dan Leclerc terus memanas. Pasalnya, kini Verstappen berhasil unggul empat detik atas rivalnya. Hal ini membuat Ferrari harus menerapkan strategi yang berbeda.

Sayangnya, saat memasuki pitsop, Ferrari justru membuang waktu karena melakukan kesalahan. Hal ini membuat The Dutch Devil semakin nyaman berada di depan dengan unggul 3,2 detik.

Di lap-lap terakhir, Verstappen terus memimpin jalannya balapan usai unggul tujuh detik dari Lecler. Pada akhirnya, The Dutch Devil mampu menjadi pembalap pertama yang menang di F1 GP Miami.

Berikut Hasil Lengkap F1 GP Miami 2022:

CLASSIFICATION (LAP 57/57)

Brilliant comeback from Verstappen after a tough start to his weekend ????#MiamiGP #F1 pic.twitter.com/NJjGSWVdXN

Formula 1 (@F1) May 8, 2022
Topik Menarik