Hasil F1 GP Miami 2022: Tampil Perkasa, Max Verstappen Raih Kemenangan Keempat

Hasil F1 GP Miami 2022: Tampil Perkasa, Max Verstappen Raih Kemenangan Keempat

Olahraga | skor.id | Senin, 9 Mei 2022 - 04:19
share

SKOR.id - Max Verstappen (Red Bull Racing) tampil perkasa dalambalapan F1 GP Miami 2022 yang digelar di Miami International Autodrome pada Senin (9/5/2022) dini hari WIB.

Start dari peringkat ketiga, juara dunia F1 2021 itulangsungmengambil alih posisi kedua dari tangan Carlos Sainz Jr (Ferrari) beberapa saat setelah lomba dimulai.

Max Verstappen kemudian membuntuti pembalap Tim Kuda Jingkrak lainnya, Charles Leclerc, yang start dari pole position .

Pada lap kesembilan, momen yang dinantikan Verstappen tiba. Memanfaatkan fiturDRS, ia dengan mantap melewati Leclerc untuk mengambil alih posisi terdepan.

Sejak saat itu, Verstappen seolah tak lagi terbendung. Pria asal Belanda tersebutterus memperlebar jarak dari para pembalap di belakangnya.

Namun, sebuah kecelakaan terjadi di rombongan tengah pada lap ke-41. Mobil Lando Norris (McLaren) melintir di tengah lintasan usai bersenggolan dengan Pierre Gasly (AlphaTauri).

Senggolan itumembuat ban mobil Norris terlepas dan beberapa komponen tercecer di atas lintasan. Safety car pun terpaksa diluncurkan.

Peristiwa inimemengaruhi jalannya lomba karena jarak kembali merapat. Belum lagi,sejumlah pembalap memanfaatkan momen safety car untuk mendapat pit stop "gratis".

Setelah trek dinyatakan aman, F1 GP Miami 2022 kembali berlangsung normal pada lap ke-47 alias 10 lap tersisa sebelum bendera finis berkibar.

Verstappen yang sebelumnya cukup nyaman memimpin lomba kembali dibuntuti Leclerc dengan jarak kurang dari satu detik sehingga mendapat fitur DRS.

Namun, power unit Red Bull Racing yang lebih bertenaga dibanding Ferrari membuat Verstappen perlahan mampu kembali menjauh dari kejaran Leclerc.

Max Verstappen pada akhirnya sukses menuntaskan 57 lap F1 GP Miami 2022 sebagai pemenang.

Ia unggul 3,786 detik dari Charles Leclerc yang harus puas mengakhiri lomba sebagai runner up.

Bagi Verstappen, inijadi kemenangan keempatnya sepanjang musim ini (termasuk sprint race ) yang makin mendekatkannya dengan Leclerc di puncak klasemen F1 2022.

Sementara itu,komposisi podium F1 GP Miami 2022 dilengkapi kehadiran Carlos Sainz Jr. yang finis di peringkat ketiga.

Carlos Sainz Jr. sebenarnya sempat mendapat perlawanan alot bahkandi- overtake oleh Sergio Perez (Red Bull Racing).

Namun,Perez melebar setelah melakukan overtake sehingga memudahkan Sainz untuk kembali mengambil alih posisi ketiga dan menjaganya hinggalomba berakhir.

Pada sisi lain, Mercedes-AMG Petronas sukses menempatkan George Russell dan Lewis Hamilton finis di peringkat lima dan enam pada F1 GP Miami 2022.

Kredit lebih diberikan kepada Russell yang start dari peringkat ke-12 dan sempat keteteran di awal lomba dengan ban hard .

Sedangkan bagi Hamilton, finis keenam bukan hasil yang buruk meski ia merasasedikit kecewa dengan strategi pit stop yang diterapkan kepadanya saat safety car diluncurkan.

Berikut hasil F1 GP Miami 2022:

Setelah ini, para pembalap bakal mendapat waktu jeda selama 10 hari sebelum kembali ke lintasan untuk seri keenam.

Seri keenam F1 2022, GP Spanyol, dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Catalunya pada 20-22 Mei mendatang.

Bos F1 Sebut Ada Kans Kembali Gelar Balapan di Jerman

&
Topik Menarik