Loading...
Loading…
Porto Juara Liga Portugal

Porto Juara Liga Portugal

Olahraga | koran-jakarta.com | Senin, 09 Mei 2022 - 03:09

BENFICA - Zaidu Sanusi mencetak gol pada menit tambahan yang membuat Porto tidak saja mengalahkan Benfica dalam pertandingan Sabtu waktu setempat, namun juga memastikan gelar juara Liga Portugal ke-30. Hasil laga ini juga memastikan juara tahun lalu, Sporting, finis kedua dan lolos fase grup Liga Champions, sedangkan Benfica tuntas pada urutan ketiga.

Zaidu sang bek kiri asal Nigeria melancarkan serangan balik pada menit-menit tambahan waktu, untuk membawa Porto unggul sembilan poin dengan menyisakan satu pertandingan lagi. Sporting melawat ke kandang Portimonense Sabtu malam, dan unggul delapan poin dari Benfica, selain menyimpan satu pertandingan lebih banyak.

Benfica yang mencapai perempat final Liga Champions musim ini akan masuk babak kualifikasi kompetisi Eropa tersebut untuk musim depan. Sebelum menelan kekalahan liga yang pertamanya musim ini ketika melawan Braga dua pekan lalu, Porto yang dilatih Sergio Conceicao, membuat rekor tak terkalahkan dalam Liga Portugal sebanyak 58 laga.

Porto di ambang memperoleh dua trofi jika mampu mengalahkan Tondela yang menempati urutan ke-16 dalam klasemen divisi utama, pada final Piala Portugal pada 22 Mei.

Baca Juga :
Porto Juara Liga Portugal Usai Bungkam Benfica, Ukir Rekor Tak Terkalahkan 58 Laga

Liga Prancis

Sementara itu, Nantes menjuarai Piala Prancis untuk pertama kalinya dalam kurun 22 tahun terakhir setelah menaklukkan Nice 1-0 dalam final di Stade de France, Sabtu malam waktu setempat. Ludovic Blas mencetak gol semata wayang dari tendangan penalti pada awal babak kedua, menit 47. Gol ini mengantarkan Nantes merebut trofi besar pertamanya sejak menjuarai Ligue 1 Prancis pada 2001.

Bertanding di kandang sendiri, Stade de France, Nice gagal mengapitalisasi penguasaan bola yang mencapai 59 persen. Namun demikian, Nantes justru menjadi tim yang agak lebih membahayakan dengan melepaskan 13 upaya gol. Sedangkan tuan rumah membuat 11 percobaan gol. Kedua tim sama-sama menciptakan tiga peluang emas yang tepat sasaran.

Baik sebelum maupun setelah gol Ludovic Blas, kedua tim terlibat dalam aksi balas membalas peluang, khususnya pada periode-periode akhir laga. Pada menit ke-79 sundulan Amine Gouiri yang meneruskan assist Andy Delort berhasil digagalkan kiper Nantes sehingga Nice gagal menyamakan kedudukan.

Sebaliknya pada empat menit waktu tambahan babak kedua Wylan Cyprien gagal membuat Nantes menggandakan kedudukan setelah sepakan kaki kanannya dari tendangan bebas terlalu tinggi di atas mistar gawang Nice. Nantes yang terhindari dari degradasi musim lalu mengangkat Piala Prancis untuk keempat kalinya. Dia juga lolos ke kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam kurun 20 tahun terakhir dengan memastikan tempat Liga Europa.

Baca Juga :
Man of The Match Final Liga Champions: N`Golo Kante Dipeluk sang Ibunda

Liverpool Berat

Liverpool mendapat pukulan berat yang bisa menggagalkan harapan mereka menjuarai Liga Premier musim ini setelah ditahan 1-1 oleh Tottenham di Anfield, Minggu dini hari WIB. Luis Diaz menghindarkan Liverpool dari kekalahan yang sekaligus membatalkan gol pembuka Son Heung-Min ketika waktu tersisa 15 menit.

Sekalipun terus menekan Spurs dengan gencar pada periode akhir laga, tim asuhan Jurgen Klopp gagal melesakkan gol penentu kemenangan yang sangat diincarnya. Hasil seri ini membuat Liverpool menyamai poin yang dikumpulkan Manchester City, 83 poin.

The Reds untuk sementara memuncaki klasemen Liga Inggris karena unggul selisigh gol. Tetapi Man City memiliki satu pertandingan lebih banyak dan baru menjalani pertandingan liga berikutnya melawan Newcastle UnitedMinggu kemarin.

Sementara itu, dari Liga Spanyol, Barcelona terseok-seok untuk mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan setelah menang dramatis 2-1 atas Real Betis dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Benito Villamarin Minggu dini hari WIB. Barcelona mencuri keunggulan lebih dulu di babak kedua lewat Ansu Fati. Tetapi Marc Bartra menyamakan skor untuk Real Betis. Gol spektakuler Jordi Alba di injury time memastikan Blaugrana menang 2-1.

Hasil ini mengokohkan Barcelona di peringkat kedua dengan raihan 69 poin. Mereka dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan. Sementara itu, Real Betis tertahan di tempat ke-5 dengan 58 poin. wid/Ant/G-1

Original Source

Topik Menarik