4 Pemain Timnas Indonesia yang Sempat Mencicipi Kerasnya Liga Jepang, Nomor 1 Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

4 Pemain Timnas Indonesia yang Sempat Mencicipi Kerasnya Liga Jepang, Nomor 1 Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

Olahraga | okezone | Minggu, 8 Mei 2022 - 04:01
share

4 pemain Timnas Indonesia yang sempat mencicipi kerasnya Liga Jepang, akan dibahas Okezone . Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia kerap dihuni pemain-pemain dengan bakat luar biasa yang menarik perhatian klub-klub luar negeri.

Beberapa pemain Timnas Indonesia pun sempat merumput di luar negeri. Salah satu kompetisi yang menjadi tujuan para pemain Timnas Indonesia adalah Liga Jepang. Berikut empat pemain Timnas Indonesia yang sempat mencicipi kerasnya Liga Jepang:

4. Ricky Yacobi

4 Pemain Timnas Indonesia yang Sempat Mencicipi Kerasnya Liga Jepang

(Ricky Yacobi saat diwawancara, foto: Okezone)

Mendiang Ricky Yacobi merupakan pesepakbola pertama Indonesia yang merumput di Liga Jepang. Ricky Yacobi diboyong klub asal Jepang, Matsushita, pada 1988. Matshushita bisa dibilang salah satu klub besar Jepang. Perlu diketahui, Matsushita berganti nama menjadi Gamba Osaka pada 1991.

Gamba Osaka tercatat dua kali menjadi kampiun Liga Jepang pada 2005 dan 2014. Bahkan pada 2008, mereka keluar sebagai kampiun Liga Champions Asia! Akan tetapi, karena kendala cuaca, Ricky Yacobi kesulitan bersinar. Dari enam pertandingan bersama Matsushita, Ricky Yacobi cuma mencetak satu gol. Dari sinilah, mulai ada pemain-pemain Tanah Air lain yang merumput di Negeri Sakura.

3. Irfan Bachdim

4 Pemain Timnas Indonesia yang Sempat Mencicipi Kerasnya Liga Jepang

(Irfan Bachdim waktu main di Jepang, foto: Istimewa)

Operator kompetisi Liga Jepang sempat mewajibkan klub-klub Liga Jepang untuk mengontrak pemain-pemain asal Asia Tenggara. Oleh sebab itu, Irfan Bachdim sempat menjajal karier di Jepang bersama dua klub berbeda, Consadole Sapporo dan Ventrofet Kofu.

Irfan Bachdim sempat satu tahun (2014-2015) bersama Ventrofet Kofu yang mentas di kasta teratas Liga Jepang. Namun, ia kalah bersaing karena hanya dua kali tampil dan gagal mencetak satu gol pun.

Kemudian pada 2015-2017, Irfan Bachdim membela klub kasta kedua Liga Jepang, Consadole Sapporo. Selama dua tahun di sana, Irfan Bachdim turun dalam 10 laga dengan catatan satu assist. Kemudian pada awal 2017, Irfan Bachdim balik ke Indonesia untuk membela Bali United.

Topik Menarik