Bawa AS Roma ke Final Liga Konferensi Eropa, Jose Mourinho Cetak Rekor Bersejarah

Bawa AS Roma ke Final Liga Konferensi Eropa, Jose Mourinho Cetak Rekor Bersejarah

Olahraga | inewsid | Jum'at, 6 Mei 2022 - 08:30
share

ROMA, iNews.id - Pelatih AS Roma, Jose Mourinho berhasil membawa timnya melaju ke partai final Liga Konferensi Eropa 2021/2022. Lewat hasil itu, Mourinho menciptakan rekor bersejarah.

AS Roma menang 1-0 melawan Leicester City pada leg kedua semifinal Liga Konferensi Eropa 2021/2022 di Stadion Olimpico, Jumat (6/5/2022). Pasukan Mourinho pun ke final karena menang agregat 2-1.

Pencetak gol dalam laga itu adalah Tammy Abraham. Sundulannya pada menit ke-11 tak mampu dibendung kiper Kasper Schmeichel.

Kemenangan itu membuat nama Jose Mourinho tercatat dalam buku rekor Liga Konferensi Eropa. Dia adalah pelatih pertama yang ke final dalam sejarah ajang ini.

Mengutip postingan Twitter Opta Joe, selain sebagai pelatih pertama yang mencapai final Liga Konferensi Eropa, Mourinho juga mencatatkan sejumlah rekor mentereng. Selain ajang tersebut, Mourinho juga pernah melangkah ke final yang kastanya lebih tinggi yakni Liga Europa dan Liga Champions.

Mourinho pertama kali mencicipi final Liga Champions pada musim 2003/2004. Saat itu dia membesut FC Porto dan sukses menjadi juara usai menumbangkan AS Monaco.

Mourinho kembali ke final ajang yang sama pada musim 2009/2010. Kala itu eks pelatih Chelsea tersebut mempersembahkan trofi Si Kuping Besar untuk Inter Milan.

Pada ajang Liga Europa, Mourinho membawa Manchester United ke final pada musim 2016/2017. Si Setan Merah sukses menjuarai ajang itu setelah mengalahkan Ajax Amsterdam 2-0.

Jadi, Mourinho mencapai final di tiga ajang antarklub Eropa. Hebatnya, dia ke final dengan empat klub berbeda FC Porto, Inter Milan, Man United, dan AS Roma.

Rekor bisa kembali bertambah jika Mourinho mampu menjuarai Liga Konferensi Eropa 2021/2022. Dia akan menjadi pelatih pertama yang menjuarai tiga kompetisi antarklub Eropa tersebut.

Topik Menarik