Deretan Tim yang Bisa Gantikan Suzuki jika Hengkang dari MotoGP

Deretan Tim yang Bisa Gantikan Suzuki jika Hengkang dari MotoGP

Olahraga | okezone | Kamis, 5 Mei 2022 - 09:42
share

MENILIK deretan tim yang bisa menggantikan Suzuki jika hengkang dari MotoGP menarik dikulik. Sebab, rumor ini makin santer terdengar di pentas MotoGP 2022.

Ya, Suzuki Ecstar dirumorkan bakal cabut dari dunia MotoGP pada musim depan. Kabar menggemparkan ini tersebar menjelang balapan MotoGP Spanyol pada akhir pekan lalu. Suzuki tiba-tiba disebut bakal hengkang dari MotoGP karena beberapa alasan, termasuk finansial.

Joan Mir

Namun, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, ingin MotoGP tetap memiliki enam tim pabrikan yang masing-masing punya tim satelit. Jadi total, ada 12 tim di paddock.

Suzuki sendiri belum memiliki tim satelit, sama dengan Aprilia. Tetapi, tim pabrikan Noale itu sudah berencana meluncurkan tim kedua musim depan.

Jika Suzuki benar-benar hengkang, ada satu slot tim yang kosong di paddock. Dilansir dari Tuttomotoriweb, Kamis (5/5/2022), dua pabrikan, yakni BMW dan Kawasaki, mungkin akan mempertimbangkan keputusan untuk mentas di MotoGP mengisi slot yang tersedia tersebut.

Akan tetapi, peluang BMW dan Kawasaki untuk melakukan hal itu diprediksi sangat kecil. Pasalnya, mereka kemungkinan tidak akan mau mengambil risiko karena anggaran tahunan MotoGP pastinya akan lebih tinggi dibandingkan Superbike, di mana mereka telah berkompetisi.

Lalu, KTM disebut juga sangat mungkin untuk mengambil slot kosong tersebut. Sebab, mereka telah dikabarkan bakal membuka tim satelit kedua dengan merek tim yang berbeda.

Kemudian, seperti yang dilaporkan di atas, tim satelit Aprilia juga mungkin bakal mengisi posisi yang ditinggal Suzuki. Akan tetapi, itu semua tergantung dengan keputusan RNF Racing, yang saat ini bersama Yamaha. Sebab, tim pimpinan Razlan Razali itu santer dikabarkan bakal merapat sebagai tim satelit Aprilia.

Topik Menarik