Liverpool ke Final Liga Champions, Jurgen Klopp Torehkan Sejarah

Liverpool ke Final Liga Champions, Jurgen Klopp Torehkan Sejarah

Olahraga | skor.id | Rabu, 4 Mei 2022 - 09:45
share

SKOR.id - Pelatih Jurgen Klopp menorehkan sejarah setelah membantu Liverpool mencapai final Liga Champions 2021-2022.

Pada leg kedua semifinal Kamis (4/5/2022) dini hari WIB, Liverpool tertinggal 0-2 selama 60 menit sebelum akhirnya membalikkan kedudukan menjadi 3-2.

Tiga gol The Reds dilesakkanFabinho (62\'), Luis Diaz (67\') dan Sadio Mane (74\'). Sementara gol Villarreal dicetakBoulaye Dia (3\') dan Francis Coquelin (41).

Liverpool pun unggul agregat 5-2 atas Villarreal setelah 2 pertandingan. Pada leg pertama, tim asuhan pelatih Jurgen Klopp menang dengan skor 2-0.

Ini adalah ketiga kalinya Liverpool memenangkantiket bermain di final musim ini.

Sebelum itu, The Reds tampildi final Piala Liga (menang atas Chelsea melalui adu penalti) dan Piala FA (melawan Chelsea pada 14 Mei).

Menurut ESPN, Jurgen Klopp mencatat sejarah sebagai manajer pertama yang mencapai final Liga Champions, Piala Liga, dan Piala FA di musim yang sama.

Di Liga Champions saja, ini adalah keempat kalinya dalam karier kepelatihannya Klopp mencapai final. Menurut Opta ,diamenyamai raihantigapelatih top yang men yakni Sir Alex Ferguson, Carlo Ancelotti dan Marcello Lippi.

Dengan demikian, ahli strategi asal Jerman ini sudahtiga kali membawa Liverpool ke final Liga Champions dansekali kali bersama Dortmund.

Dalamtigafinal tersebut, pelatih berusia 54 tahun itu kalah dua kali di musim 2012-2013 dan 2017-2018 dan menangsekali di musim 2018-2019.

Sementara bagi Liverpool khususnya, mereka menjadi tim keempatmencapai 10 final Piala Eropa/Liga Champions, setelah Real Madrid (16), AC Milan (11) dan Bayern Munchen (11).

Di final Liga Champions musim ini, Liverpool akan menghadapi Real Madrid atau Manchester City yang main Kamis dini hari nanti di Bernabeu.

Manchester City unggul 4-3 setelah menang atas Real Madrid di leg pertama di Stadion Etihadpekan lalu.

Real Madrid vs Manchester City: Carlo Ancelotti Rencanakan Rotasi Tak Biasa

&
Topik Menarik