6 Fakta Menarik SEA Games 2021, Nomor 5 Indonesia Ungguli Tuan Rumah

6 Fakta Menarik SEA Games 2021, Nomor 5 Indonesia Ungguli Tuan Rumah

Olahraga | inewsid | Senin, 2 Mei 2022 - 10:30
share

JAKARTA, iNews.id - Terdapat 6 fakta menarik SEA Games 2021. Salah satunya mengenai perolehan medali sepanjang masa di mana Indonesia mengungguli tuan rumah.

SEA Games 2021 yang akan bertempat di Hanoi, Vietnam sudah di depan mata. Sebanyak 11 negara di Asia Tenggara kembali akan saling unjuk kebolehan menunjukkan kemampuan untuk memperebutkan medali.

Sebanyak 40 cabang olahraga akan dipertandingkan pada SEA Games edisi kali ini. Para atlet terbaik se-ASEAN akan bersaing pada 12-23 Mei 2022. SEA Games kali ini merupakan edisi ke-31 sejak pertama kali digelar pada tahun 1959 di Bangkok, Thailand.

SEA Games sendiri merupakan pesta olahraga paling prestisius di Asia Tenggara. Oleh sebab itu, pesta olahraga ini selalu mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat Asia Tenggara.

Terdapat fakta-fakta menarik pada gelaran SEA Games kali ini. Berikut ini adalah enam fakta-fakta menarik mengenai SEA Games Vietnam 2021.

Berikut 6 Fakta Menarik SEA Games 2021:

1. Untuk Pertama Kali Digelar di Tahun Genap

SEA Games digelar sebanyak dua tahun sekali sejak tahun 1959. Tentunya, edisi perdana yang dimulai di tahun ganjil membuat pesta olahraga ini selalu digelar di tahun ganjil.

Namun, SEA Games kali ini berbeda dari pada edisi-edisi sebelumnya. Pasalnya, untuk pertama kali dalam sejarah, SEA Games digelar di tahun genap.

Alasannya tak lain dan tak bukan adalah pandemi Covid-19. Pada awalnya, SEA Games Vietnam rencananya digelar pada 21 November 2021 hingga 2 Desember 2021.

Namun, ganasnya virus varian delta membuat gelaran akbar ini diundur ke tahun berikutnya. Bulan Mei 2022 pun dipilih sebagai waktu digelarnya SEA Games 2021.

2. Tuan Rumah Salah Satu Penggagas SEA Games

Vietnam selaku tuan rumah merupakan salah satu negara penggagas bergulirnya SEA Games. Negeri Bintang Emas itu ikut menggagas bergulirnya SEA Games bersama dengan Thailand, Myanmar, Laos dan Malaysia.

Pada awalnya, pesta olahraga ini dinamai Southeast Asian Peninsular Games (SEAP Games). Pada tahun 1959, edisi perdana pun digelar di Bangkok, Thailand.

Pesta olahraga ini digelar dengan tujuan untuk mempererat kerja sama, dan tali silaturahmi antar negara Asia Tenggara. Menariknya, Indonesia tidak termasuk ke dalam salah satu negara penggagas SEA Games.

3. Menggagas SEA Games di Tengah Gejolak Perang

Terdapat hal menarik lain di balik partisipasi Vietnam menggelar SEA Games. Pasalnya, Vietnam ikut menggagas SEA Games di tengah kecamuk perang yang berlangsung di negara tersebut.

Perang Vietnam dimulai pada 1 November 1955 hingga 30 April 1975. Kala itu, Vietnam terpecah menjadi dua, yakni Vietnam Selatan yang didukung Amerika Serikat dan Vietnam Utara yang didukung Uni Soviet.

Selama kecamuk perang, partisipasi Vietnam di SEA Games diwakili oleh Vietnam Selatan. Usai perang, Vietnam Utara yang menjadi pemenang perang menjadi wakil di ajang SEA Games.

4. Salah Satu yang Paling Jarang Jadi Tuan Rumah

Meski menjadi salah satu penggagas SEA Games, Vietnam merupakan negara yang paling jarang menjadi tuan rumah. Sepanjang sejarah, termasuk edisi kali ini, Vietnam baru menggelar SEA Games sebanyak dua kali.

Vietnam pertama kali menjadi tuan rumah SEA Games yakni pada edisi 2003. Saat itu, sang tuan rumah pulalah yang keluar sebagai pengoleksi medali terbanyak, yakni 158 medali, diikuti Thailand dengan 90 medali dan Indonesia dengan 55 medali

Thailand masih menjadi negara yang paling sering menjadi tuan rumah SEA Games, yakni enam kali. Malaysia berada di urutan kedua sebagai negara yang paling sering menjadi tuan rumah, yakni lima kali, diikuti oleh Indonesia yang sudah menjadi tuan rumah sebanyak empat kali.

5. Tidak Termasuk Lima Besar Pemenang Medali Terbanyak

Selain jarang menjadi tuan rumah, Vietnam juga tidak termasuk ke dalam lima negara peraih medali terbanyak. Selama ini, Vietnam berada di urutan keenam peraih medali terbanyak, dengan koleksi 2886 medali.

Thailand masih merajai pesta olahraga ini dengan koleksi medali terbanyak, yakni 5758 medali. Sementara negara kita tercinta, Indonesia berada di urutan runner-up peraih medali terbanyak sepanjang masa, dengan koleksi 5307 medali.

Malaysia berada di urutan ketiga dengan koleksi 4261 medali, diikuti Filipina dengan 3737 medali dan Singapura dengan 3312 medali.

6. Eksistensi E-Sports

SEA Games kali ini kembali mempertandingkan cabang olahraga E-Sports. Itu artinya, E-Sports akan menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan pada SEA Games untuk kedua kalinya sepanjang sejarah.

Namun, Vietnam lagi-lagi bukan negara unggulan pada cabang olahraga kali ini. Filipina justru menjadi peraih medali terbanyak pada olahraga elektronik tersebut.

Pada edisi 2019, Filipina yang juga berstatus sebagai tuan rumah menjadi peraih medali E-Sports terbanyak, yakni lima media, dengan tiga emas, satu perak dan satu perunggu. Thailand menjadi pesaing terdekat Filipina, diikuti dengan Malaysia, Indonesia dan Singapura.

Vietnam harus puas berada di posisi terakhir dengan hanya mengoleksi tiga medali perunggu. Delapan judul gim akan kembali dipertandingkan pada SEA Games kali ini, dengan 10 nomor cabang olahraga.

Topik Menarik