6 Fakta Menarik SEA Games Vietnam 2021, Nomor 1 Terkait Tuan Rumah

6 Fakta Menarik SEA Games Vietnam 2021, Nomor 1 Terkait Tuan Rumah

Olahraga | okezone | Rabu, 13 April 2022 - 05:01
share

6 fakta menarik SEA Games Vietnam 2021, akan dibahas Okezone . Sebanyak 11 negara di Asia Tenggara akan berebut medali di Hanoi, Vietnam, pada 12 hingga 23 Mei 2022.

Sebanyak 40 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan di SEA Games edisi kali ini. SEA Games 2021 merupakan edisi ke-31 sejak pertama kali digelar pada 1959 di Bangkok, Thailand.

Adu taktik di SEA Games 2021 (Foto: Okezone)

SEA Games sendiri merupakan pesta olahraga paling bergengsi di Asia Tenggara. Oleh sebab itu, pesta olahraga ini selalu mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat Asia Tenggara. Berikut enam fakta menarik SEA Games Vietnam 2021:

6. Eksistensi E-Sports di SEA Games

SEA Games 2021 kembali mempertandingkan cabor e-sports. Artinya, E-Sports kembali dipertandingkan di SEA Games setelah debut pada edisi 2019 silam.

Namun, Vietnam bukan negara unggulan pada cabor ini. Filipina justru menjadi peraih medali terbanyak di cabor e-sports. Pada edisi 2019, Filipina, yang juga berstatus sebagai tuan rumah, menjadi peraih medali e-sports terbanyak dengan tiga emas, satu perak,d an satu perunggu. Thailand menjadi pesaing terdekat Filipina, diikuti Malaysia, Indonesia, dan Singapura.

Vietnam harus puas berada di posisi terakhir dengan hanya mengoleksi tiga medali perunggu. Delapan gim akan dipertandingkan di SEA Games 2021 dengan 10 nomor.

5. SEA Games Pertama yang Digelar pada Tahun Genap

SEA Games digelar sebanyak dua tahun sekali sejak 1959 silam. Alhasil, pesta olahraga se-Asia Tenggara ini selalu digelar pada tahun ganjil.

Namun, SEA Games kali ini berbeda dari edisi-edisi sebelumnya. Sebab, untuk pertama kali dalam sejarah, SEA Games digelar pada tahun genap. Awalnya, SEA Games 2021 rencananya digelar pada 21 November hingga 2 Desember tahun lalu. Akan tetapi, pandemi covid-19 membuat penyelengaraan ajang akbar ini tertunda.

4. Vietnam Salah Satu Penggagas SEA Games

Vietnam merupakan salah satu negara penggagas SEA Games. Negeri Bintang Emas itu menggagas bergulirnya SEA Games bersama Thailand, Myanmar, Laos, dan Malaysia.

Awalnya, pesta olahraga ini dinamai Southeast Asian Peninsular Games (SEAP Games). Edisi perdana pun digelar di Bangkok, Thailand, pada 1959.

Sekadar informasi, pesta olahraga ini digelar dengan tujuan untuk mempererat kerja sama antarnegara Asia Tenggara. Menariknya, Indonesia tidak termasuk ke dalam salah satu negara penggagas SEA Games.

Topik Menarik