Asing vs Lokal, Persaingan Pelatih di Meiji Yasuda J1 League 2022

Asing vs Lokal, Persaingan Pelatih di Meiji Yasuda J1 League 2022

Olahraga | indosport.com | Minggu, 10 April 2022 - 22:51
share

INDOSPORT.COM - Meiji Yasuda J1 League 2022 menampilkan persaingan sengit antara pelatih asing dan pelatih lokal Jepang.

Dari 18 tim yang menghuni kasta teratas Liga Jepang musim ini, rasio pelatih lokal dan asing sama banyaknya. Ada sembilan pelatih lokal yang bersaing dengan sembilan pelatih asing dari luar Jepang saat ini.

Hal tersebut sebenarnya tak terjadi sejak awal musim, dengan pelatih lokal awalnya lebih banyak dengan perbandingan 10 pelatih lokal dan delapan pelatih asing.

Semua berubah pada 20 Maret 2022 saat Vissel Kobe memecat pelatih mereka, Atsuhiro Miura, usai hasil kurang memuaskan awal musim ini.

Sehari berselang, posisinya kemudian diisi oleh pelatih sementara asal Spanyol, Lluis Planaguma. Pergantian ini membuat perbandingan pelatih asing dan lokal di J1 League menjadi sama banyaknya.

Dari sisi pelatih lokal, ada empat pelatih yang baru menangani tim awal musim ini, dengan lima sisanya sudah melatih tim sejak musim lalu.

Empat pelatih anyar yang mulai jadi nakhoda awal musim ini adalah Tomohiro Katanosaka (Gamba Osaka), Kenta Hasegawa (Nagoya Grampus), Kenta Kawai (Sagan Tosu), dan Akira Ito (Jubilo Iwata).

Sedangkan lima sisanya adalah pelatih juara bertahan Toru Oniki (Kawasaki Frontale), Satoshi Yamaguchi (Shonan Bellmare), Hiroaki Hiraoka (Shimizu S-Pulse), Akio Kogiku (Cerezo Osaka), dan Shigetoshi Hasebe (Avispa Fukuoka).

Topik Menarik