Tim Review PPON Sebut Pemilihan 31 Cabor SEA Games 2021 Berdasarkan Data dan Prestasi

Tim Review PPON Sebut Pemilihan 31 Cabor SEA Games 2021 Berdasarkan Data dan Prestasi

Olahraga | BuddyKu | Jum'at, 8 April 2022 - 19:40
share

JAKARTA - Ketua tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Prof. Dr. Moch. Asmawi menegaskan alasan di balik pemilihan 31 cabang olahraga SEA Games 2021. Keputusan itu dilandasi oleh data dan prestasi.

Keputusan yang diambil tersebut adalah hasil review tim yang terdiri dari para akademisi dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan sejumlah perguruan tinggi lainnya.

Selain itu, turut dilibatkan juga praktisi olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Tim review pun telah melakukan wawancara dengan sejumlah pihak terkait.

Pihak yang terkait dengan sejumlah cabang olahraga, seperti pelatih, manajer, dan pengurus cabor diwawancarai. Selain itu, tim review juga melihat rekam jejak prestasi cabor di ajang olahraga yang terakhir diikuti.

Kami menetapkan cabang olahraga itu berdasarkan hasil review, ujar Prof. Dr. Moch. Asmawi dilansir dari laman resmi Kemenpora, Jumat (8/4/2022).

Review itu tidak hanya kami wawancara dengan cabang-cabang olahraga, tetapi kami juga mempunyai data dan mempunyai track record. Data itu multi event yang terakhir diikuti kalau enggak begitu kita juga melihat track recordnya di kejuaraan resmi, sambungnya kemudian.

Lebih lanjut, Asmawi menjelaskan bahwa pemerintah melalui Kemenpora telah menetapkan Olimpiade sebagai sasaran utama dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Adapun SEA Games hanya sasaran antara menuju Asian Games dan Olimpiade.

Dengan demikian, kategori pertama cabang olahraga yang dikirim ke SEA Games adalah cabang olahraga yang masuk dalam DBON, seperti Angkat Besi, Atletik, Balap Sepeda, Bulu Tangkis, Dayung (Kano/Kayak-Perahu Naga), Rowing, Karate, Menembak, Panahan, Pencak Silat, Renang, Senam, Taekwondo dan Wushu.

Ada 18 cabang olahraga lainnya tidak masuk dalam DBON. Namun, memiliki potensi meraih medali. Sejumlah cabang itu antara lain Tinju, Voli Indoor, Voli Pantai, Bowling, Catur, Jujitsu, Judo, Tenis, Triathlon, Sepak Takraw, Kickboxing, Sepak Bola, E-sport, Anggar, Basket, Gulat, Selam, Vovinam dan Golf.

Publik pun diharapkan mengerti dengan pemilihan dari tim review kali ini. Adapun tim yang berangkat diharapkan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat agar bisa meraih medali di SEA Games 2021 nanti.

Topik Menarik