Erik ten Hag Segera Jadi Pelatih Manchester United

Erik ten Hag Segera Jadi Pelatih Manchester United

Olahraga | koran-jakarta.com | Kamis, 7 April 2022 - 14:10
share

MANCHESTER - Manchester United segera menuntaskan penunjukan Erik ten Hag sebagai manajer berikutnya klub itu, kata sejumlah sumber kepada ESPN.

Pelatih Ajax Amsterdam berusia 52 tahun yang bulan lalu sudah diwawancarai oleh United itu masuk daftar calon pelatih MU bersama pelatih Paris Saint Germain Mauricio Pochettino, pelatih timnas Spanyol Luis Enrique dan pelatih Sevilla Julen Lopetegui.

Pelatih Chelsea Thomas Tuchel dan pelatih Bayern Muenchen Julian Nagelsmann dipinggirkan karena kedua pelatih tak mau meninggalkan klubnya.

Sumber-sumber di Inggris dan Belanda mengatakan kepada ESPN bahwa United sudah menetapkan Ten Hag sebagai manajer baru mereka dan bahwa manajer Ajax itu siap meninggalkan juara Liga Belanda itu untuk menukangi Old Trafford mulai akhir musim ini.

Perburuan manajer baru United ini dipimpin oleh direktur sepak bola John Murtough dan direktur teknis Darren Fletcher yang sudah melaporkan hasil perburuan mereka kepada kepala eksekutif Richard Arnold. Keputusan terakhir ada di tangan bos Joel Glazer.

Sejumlah kalangan di United sendiri menginginkan Pochettino, tapi Arnold dan Glazer sudah sepakat bahwa Ten Hag adalah kandidat terbaik pengganti manajer sementara Ralf Rangnick yang telah bertugas sejak Desember.

Perburuan pengganti Ole Gunnar Solskjaer akhirnya bermuara kepada pertarungan antara Ten Hag dan Pochettino.

Namun kalau menarik Pochettino, MU menghadapi kesulitan lebih, termasuk dia masih terikat kontak 12 bulan bersama PSG. Ten Hag pun menjadi tumpuan terutama karena masalah filosofi sepak bola dan masalah keuangan.

Pochettino awalnya menjadi kandidat terkuat pengganti Solskjaer setelah United yakin kesulitan yang dihadapi Pochettino dalam menangani PSG telah membuat pelatih asal Argentina itu berusaha balik lagi ke Liga Inggris.

Bukan itu saja, alasan United urung menyewa Pochettino karena dia gagal membawa PSG berjaya di Liga Champions. MU tak ingin mempekerjakan seorang manajer yang dianggap gagal.

PSG sendiri meminta kompensasi 15 juta pound, padahal dengan menunjuk Ten Hag, United hanya memberikan kompensasi 1,7 juta pound kepada Ajax.

Sumber-sumber ESPN menyebutkan Rene Meulensteen yang pernah membantu Sir Alex Ferguson dari 2007 hingga 2013, menjadi salah satu kandidat asisten Ten Hag.

Topik Menarik