Finswimming Indonesia Bicara Target di SEA Games 2021

Finswimming Indonesia Bicara Target di SEA Games 2021

Olahraga | skor.id | Selasa, 5 April 2022 - 16:10
share

SKOR.id - Tim finswimming Indonesia menargetkan tiga medali emas pada SEA Games XXXI/2021 di Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei mendatang.

Target medali itu diharapkan datang dari tiga nomor, masing-masing 50 m surface (permukaan) putra, 100 meter surface dan 100 meter putri.

Nomor 50 m surface putra jadi salah satu andalan untuk meraih emas karena Indonesia memiliki atlet yang kini menempati peringkat enam dunia.

Hal tersebut disampaikanMokhamad Riyad selaku kepala pelatih Finswimming Indonesia, saat menerimakunjungantim CdM Indonesia.

"Ada beberapa target untuk tim finswimming, di antaranya 50 m surface putra. Desember lalu, atlet kami di peringkat enam dunia."

"Kami juga menargetkan emas untuk 100 meter surface dan 100 meter putri. Jadi ada dua nomor di surface dan satu di fin," ujarnya,Senin (4/4/2022).

Bukan tanpa alasan Indonesia mengusung targetrealistispada SEA Games 2021. Ini karena finswimming tak dilombakan dalam empat edisi terakhir.

SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang merupakan kali terakhir finswimming dperlombakan. Saat itu, Indonesia merebut17 medali.

Skuad Merah Putih, yang berlatih di Stadion Akuatik, GBK, Senayan, Jakarta, menyabet tujuh emas, delapan perak dan dua perunggu.

Peserta finswimming, selama ini, hanya Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Namun, tak menutup kemungkinan Malaysia dan Singapura.

Jika hal itu benar terjadi,kemungkinan besar finswimming akan jadi cabang olahraga (cabor) reguler dari multievent olahraga se-Asia Tenggara itu.

"Selama ini hanya Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Tahun ini, kita mungkin akan lihat Singapura dan Malaysia," kata Mokhamad Riyad.

"Ada peluang besar (bagi finswimming) untuk menjadi bagian reguler SEA Games dengan lebih banyak kompetitor," dia menambahkan.

Wakil Presiden PB POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia), Makhruzi Rahman, optimistis Merah Putih bisa melampaui capaian di SEA Games 2011.

"Tahun 2011 kami meraih tujuh medali emas. Jika kami mengirimkan semua atlet (yang ada), peluang emas akan lebih besar," kata Makhruzi.

Tim finswimming Indonesia rencananya akan melakoni uji coba di Jerman.Setelah itu, mereka kembali ke Tanah Air dan bertolak keVietnam.

&
Topik Menarik