Steven Gerrard Akui Keputusan Barcelona Tunjuk Xavi adalah Jenius

Steven Gerrard Akui Keputusan Barcelona Tunjuk Xavi adalah Jenius

Olahraga | skor.id | Senin, 28 Maret 2022 - 09:30
share

SKOR.id -Pelatih Aston Villa Steven Gerrard menilai penunjukan Xavi Hernandez sebagai pelatih kepala oleh Barcelona adalahtindakanjenius.

Xavi memulaikarier kepelatihannya di Barcelona dengan sangat menawan. Ia berhasilmembawaBarcelona tak terkalahkan dalam 13 pertandingan di semua ajang dan kini berada di posisi ketiga klasemen sementara Liga Spanyol.

Barcelona menunjuk Xavi setelah memecat Ronald Koeman pada Oktober. Saat itu, mantan gelandang Spanyol dann Barca itu harus memutus kontraknya di klub Qatar Al Sadd.

"Saya pikir dengan penunjukan Xavi, itu adalahtindakan jeniusoleh Barcelona," kataXavi setelah laga amal antara Liverpool dengan legenda Barcelona di Anfield, Sabtu lalu.

"[Dia] adalah seseorang yang memiliki DNA Barcelona dan telah menjadi pemain kelas dunia selama bertahun-tahun.

Dia jelas tahu gaya dan apa yang ingin dilihat semua orang Barcelona. Dan setelah beberapa masa yang menantang, sepertinya mereka kembali ke tempat yang seharusnya."

Xavi bahkan mengantar Barcelona memutus rentatan tak pernah menang di El Clasico dalam 5 laga sebelumnya dengan menang 4-0 atas Real Madrid di Santiago Bernabeu.

"Itu jelas merupakan hasil yang besar melawan Real Madrid, dan sebagai penggemar Barcelona dari jauh, senang melihat mereka kembali danmenyerang dengan baik," tutur Xavi.

Kemenangan di El Clasico berarti Xavi kini menjadi pelatih ketiga dalam sejarah LaLiga yang memenangkan pertandingan Clasico pertamanya dengan empat gol atau lebih, setelah Ferdinand Daucik pada 1951 dan Helenio Herrera (1959).

Barcelona memang kembali tajam dengan berhasil menang empat gol sebanyak empat kali. Pembelian pemain di bursa transfer Januari terbukti efektif dan menjadi peluru tambahan berharga tim.

Dan sebagai pelatih baru, Steven Gerrard mengaku selalu ingin banyak belajar, termasuk dari Xavi Hernandez.

"Sebagai pelatih di posisi saya, Anda selalu berusaha untuk belajar dari semua orang yang Anda bisa," lanjut Gerrard.

"Ada banyak media di sekitar Xavi karena jelas dia adalah pemain kelas dunia. Dia adalah seseorang yang sangat saya hormati sebagai pemain dan saya jelas juga mengawasinya sebagai pelatih.

"Dia dalam perjalanan yang sama dengan saya, sangat muda, sangat baru. Saya yakin dia belajar banyak setiap hari seperti saya, tapi mendoakan ia selalu sukses.

"Saya harap dia berada Barcelona untuk waktu yang lama."

Berbeda dengan Xavi, karier kepelatihan Steven Gerrard di Aston Villa tidak berjalan mulus. Dari 19 pertandingan, dia sudah 9 kali merasakan kekalahan.

Kendati begitu, Gerrard berhasil membawa Aston Villa keluar ancaman zona degradasi seperti yang terlihat sebelum kedatangan legenda Liverpool itu.

Ferran Torres Sarankan Barcelona Gaet Oleksandr Zinchenko dari Manchester City

&
Topik Menarik