Klasemen F1 Usai GP Arab Saudi 2022: Charles Leclerc Masih Berkuasa

Klasemen F1 Usai GP Arab Saudi 2022: Charles Leclerc Masih Berkuasa

Olahraga | indosport.com | Senin, 28 Maret 2022 - 09:26
share

INDOSPORT.COM - Berikut klasemen sementara Formula 1 (F1)setelah menggelar seri balapan GP Arab Saudi 2022, di mana Max Verstappen berhasil meraih kemenangan pertama musim ini, usai mengungguli dominasi Charles Leclerc.

Ajang jet darat baru saja menyelesaikan seri balapan di F1 GP Arab Saudi yang berlangsung di Sirkuit Jeddah Corniche Circuit, Jeddah, Arab Saudi (27/3/2022) kemarin.

Drama kejar-kejaran tersaji antara Charles Leclerc dan Max Verstappen. Verstappen yang memulai balapan dari posisi ke-4 berhasil unggul dari pembalap Ferrari di lintasan lurus pada sisa 4 lap terakhir.

Pembalap Red Bull, Sergio Perez, memulai start yang bagus dari posisi terdepan, tetapi saat pit-window dibuka pada lap ke-15, Pembalap Ferrari, Charles Leclerc, mampu menyalip pembalap asal Meksiko tersebut.

Dengan keunggulan yang semakin melebar di lap-lap berikutnya, pembalap asal Monako tampaknya akan meraih kemenangan keduanya musim ini.

Namun, ketika Fernando Alonso dan Daniel Ricciardo berhenti di pintu masuk pit-lane, mobil pengaman (Safety Car) pun dikerahkan.

Hal ini memberikan kesempatan bagi rekan setim Perez, Max Verstappen, untuk mengganti bannya yang telah aus, demi mempersempit margin dengan Charles Leclerc saat balapan kembali dilanjutkan.

Keduanya saling kejar-kejaran jelang lima lap terakhir. Verstappen lebih dulu menyalip, sebelum akhirnya, kembali disalip oleh Leclerc.

Pada lap ke 47, Verstappen mengaktifkan Drag Resolutin System (DRS) saat memacu mobilnya di trek lurus panjang, ia pub berhasil memangkas jarak dari Leclerc dan mulai stabil memimpin balapan.

Di sisa 4 lap terakhir, tidak banyak waktu tersisa bagi Leclerc untuk merespons balik. Max Verstappen tetap tenang melaju hingga garis finis dan mengklaim kemenangan pertamanya musim ini.

Sementara itu, Sergio Perez yang memulai balapan dari posisi terdepan harus puas finis di posisi 4. Sementara itu, Lewis Hamilton, juara GP Arab Saudi tahun lalu, hanya mampu memperoleh satu poin dan finis di urutan 10 setelah mengawali balapan dari posisi start ke-15.

Topik Menarik