Pertama dalam Sejarah, Italia Gagal Lolos Back-to-Back ke Piala Dunia

Pertama dalam Sejarah, Italia Gagal Lolos Back-to-Back ke Piala Dunia

Olahraga | jawapos | Jum'at, 25 Maret 2022 - 09:41
share

JawaPos.com- Kejutan besar terjadi. Juara Euro 2020 Italia, gagal lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022. Dalam pertandingan jalur C babak kedua kualifikasi zona Eropa dini hari tadi (25/3), Italia kalah dramatis 0-1 atas Makedonia Utara. Pertandingan itu berlangsung di kandang Italia, Stadio Renzo Barbera, Palermo.

Gol kemenangan Makedonia Utara terjadi dengan sangat menyakitkan bagi Italia. Yakni pada menit ke-90+2 oleh Aleksandar Trajkovski. Peluang terakhir pada pertandingan itu, ternyata memastikan Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

Pada Piala Dunia 2018 di Rusia, Italia juga tidak lolos. Itulah untuk kali pertama, Italia gagal lolos ke Piala Dunia sejak 1958. Jadi inilah untuk kali pertama dalam sejarah, Italia secara back-to-back tidak mampu melangkah ke putaran final Piala Dunia.

Makedonia Utara sendiri akan berhadapan dengan Portugal di final playoff pada 29 Maret waktu setempat di Estadio do Dragao, Porto. Portugal lolos ke final setelah menghajar Turki dengan skor 3-1 dini hari tadi (25/3).

Tiga gol Portugal dalam laga itu diciptakan oleh Otavio pada menit ke-15, Diogo Jota (42), dan Matheus Nunes pada menit ke-90+4. Satu-satunya gol Turki dihasilkan oleh Burak Yilmaz pada menit ke-65.

Ini adalah kekecewaan yang sungguh besar, kata gelandang Italia Jorginho dikutip dari The Guardian. Ini menyakitkan, sangat-sangat menyakitkan. Kami selalu mampu mencatat peluang dan mendominasi pertandingan. Tetapi kami gagal menuntaskannya. Kami tidak bisa menyalahkan siapapun. Tetapi inilah realitasnya, tambah gelandang Chelsea tersebut.

Saya tidak paham mengapa kami tidak bisa memenangkan pertandingan ini. Saya juga terlibat dalam ini semua. Dan ini rasanya lebih menyakitkan, kata Jorginho lagi.

Italia sejatinya, mendominasi total pertandingan ini. Mereka mencatat 32 tembakan dengan 5 mengarah ke gawang. Tetapi, tidak ada satupun dari peluang itu yang mampu menembus gawang lawan.

Di sisi lain, Makedonia Utara cuma mengukir empat tembakan ke gawang dengan dua yang akurat. Tetapi, Makedonia Utara berhasil mencetak satu gol.

Topik Menarik