Sejumlah Sirkuit Berharap MotoGP 2020 Digelar dengan Penonton

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 14 Juni 2020 - 10:15
Sejumlah Sirkuit Berharap MotoGP 2020 Digelar dengan Penonton
- Pihak promotor MotoGP, Dorna Sports, telah merilis jadwal balap sementara untuk musim kompetisi 2020 yang sempat tertunda karena pandemi virus corona (Covid-19).

Berdasar jadwal yang telah dirilis pada Kamis (11/6/2020), Dorna Sports telah menyiapkan 13 seri untuk digelar di delapan negara yang ada di Eropa.

Sedangkan nasib balapan di luar Benua Biru, seperti GP Thailand, Malaysia, Amerika Serikat, dan Argentina, masih menanti kepastian.

Berita MotoGP Lainnya: Resmi, Kalender Baru MotoGP 2020 Dirilis, Semua di Eropa

Selain telah menyusun agenda balap MotoGP 2020, Dorna Sports juga sudah menyiapkan sejumlah protokol agar balapan yang digelar aman dari risiko penyebaran Covid-19.

Salah satu langkah preventif yang bakal dilakukan adalah menggelar balapan tanpa melibatkan kehadiran penonton.

Kebijakan itu akan terlihat saat dua seri pertama MotoGP 2020, GP Spanyol (19 Juli) dan GP Andalusia (26 Juli), digelar di Sirkuit Jerez. 

Meski begitu, ada sejumlah negara tuan rumah seri MotoGP 2020 yang berharap agar balapan yang akan mereka gelar nanti tetap berlangsung dengan penonton.

Hingga saat ini, sejumlah pengelola sirkuit masih membuka peluang menghadirkan penonton langsung di arena balap.

Bahkan, pengelola Automotodrom Brno masih menjual tiket GP Ceko 2020. Sedangkan pengelola Red Bull Ring masih menangguhkan proses pembelian tiket GP Austria.

"Kejuaraan musim 2020 di Red Bull Ring masih tak bisa (mendapat izin) digelar di depan penonton, seperti yang sudah direncanakan," kata pengelola Red Bull Ring.

"Namun, kebijakan terkait penonton yang akan hadir di lintasan masih tergantung pada peraturan resmi yang akan berlaku pada Agustus nanti."

Baca Juga: Valentino Rossi Ungkap Masa Depan di MotoGP pada Bulan Ini

Sikap yang kurang lebih sama juga ditunjukkan pengelola Sirkuit Misano yang masih akan melihat kondisi termutakhir sebelum menggelar balapan September nanti.

Harapan sejumlah pengelola sirkuit tersebut mendapat tanggapan dari CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

Walau begitu, Ezpeleta tak mau pukul rata dalam mengambil kebijakan. Ia akan melihat kondisi setiap negara sebelum memutuskan balapan boleh dihadiri penonton atau tidak.

"Meski hingga saat ini balapan di Sirkuit Misano dijadwalkan tanpa penonton, tetapi ajang itu masih akan digelar pada September dan kita akan melihat apa yang akan terjadi," ujarnya.

"Akan tetapi, seri kedelapan MotoGP 2020 di Catalunya (bergulir seminggu setelah balapan di Sirkuit Misano) tetap akan berlangsung tanpa kehadiran penonton."

Berita MotoGP Lainnya: Marc Marquez Tegaskan Targetnya di MotoGP 2020 Tak Akan Berubah

Secara garis besar, pihak Dorna Sports ingin mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan oleh otoritas terkait demi menghindari potensi penyebaran virus corona (Covid-19).

Akan tetapi, Dorna Sports juga tak bisa begitu saja menutup harapan pihak penyelenggara yang ingin menggelar balapan demi mendapat pemasukan.

Jalan tengah pun diambil. Dorna Sports tetap membuka kemungkinan kehadiran penonton tetapi eksekusinya masih tergantung dengan situasi termutakhir terkait Covid-19.

Artikel Asli