Dunia Sambut MotoGP Mandalika

Dunia Sambut MotoGP Mandalika

Olahraga | koran-jakarta.com | Kamis, 17 Maret 2022 - 04:38
share

JAKARTA - Antusiasme perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB pada 18-20 Maret nanti sangat tinggi. Sebanyak 60.000 tiket untuk perhelatan MotoGP yang akan digelar di sirkuit Mandalika sudah ludes terjual.

"Kita tahu juga bahwa target tiket yang kita berikan 60.000 alhamdulillah sudah terjual. Saya harapkan ini menjadi sebuah brand baru negara kita," kata Presiden RI Joko Widodo saat jumpa pers di depan Istana Merdeka ketika melepas para pembalap MotoGP, Rabu (16/3).

Menurut Presiden Jokowi, dengan diselenggarakannya perhelatan ini menandakan bahwa Indonesia sudah sejajar dengan negara-negara lain yang berhasil menggelar perhelatan MotoGP.

Selain itu, Indonesia juga sudah memiliki sirkuit Mandalika yang kualitasnya sudah diakui di dunia internasional. Terkait keuntungan yang akan diterima negara dari pariwisata perhelatan MotoGP tersebut, Jokowi belum bisa memastikan berapa jumlah yang bakal diterima.

"Kalau event-nya sudah selesai berapa kira-kira yang masuk penontonnya baru dihitung. Setelah event nya selesai dulu ya di hari minggu," kata dia. "Tapi yang jelas dari sisi akomodasi hotel memang masih kita butuh banyak sekali di Mandalika," terang dia.

Sebelumnya, para pembalap MotoGP dilepas Jokowi berangkat dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat menyusuri Jalan Medan Merdeka Utara, berlanjut ke Jalan Medan Merdeka Barat lewat di depan gedung RRI mengarah ke Hotel Kempinski, di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Rabu.

Dari pantauan sebanyak 20 pembalap itu menggunakan sepeda motor dari berbagai macam pabrikan seperti Honda, KTM, Ducati, Aprilia, Yamaha, Suzuki, dan beberapa lainnya.

Keberangkatan para pembalap Moto GP itu juga diiringi pengawalan ketat petugas kepolisian dan personel TNI. Tidak ketinggalan ratusan pengendara sepeda motor dari berbagai komunitas juga ikut dalam iring-iringan tersebut.

Sambil mengendarai motor sport, tampak para pembalap juga menyapa penggemar dan awak media yang ada di sepanjang jalan. "Tadi saya sampaikan bahwa Indonesia memiliki 122 juta sepeda motor. Jadi saya sampaikan fans mereka itu banyak sekali di sini," kata Jokowi.

Pebalap Muda

Presiden berharap pembalap muda Indonesia Mario Suryo Aji bisa unjuk gigi dan mendulang prestasi di ajang Moto3 Mandalika. "Pembalap kita, Mario ikut di Moto3. Itu bibit, kita harapkan bisa naik terus ke tahap selanjutnya dan ke MotoGP," kata Joko Widodo.

Tidak hanya untuk Mario, Joko Widodo juga berharap perhelatan ini bisa memicu semangat anak bangsa agar mau menjadi pembalap dan mengharumkan nama Indonesia.

Menurut Joko Widodo, potensi munculnya pembalap tanah air sangat besar mengingat tingginya jumlah pengendara sepeda motor di Indonesia.

Pembalap Indonesia Mario Suryo Aji fokus mengikuti seri kedua Kejuaraan Dunia Moto3 di Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022.

Dalam akun Instagram, Selasa, pembalap Honda Team Asia itu mengaku antusias untuk tampil di hadapan publik sendiri. "Saya akan berusaha tampil lepas dan memberikan yang terbaik," ujar Mario Aji.

Dia menjalani debut yang menjanjikan dengan memenuhi target dari Honda Team Asia. Mario finis P19 pada balapan yang dimenangkan Andrea Migno dari tim Rivacold Snipers.

Sementara itu, sejumlah pembalap MotoGP merasa sangat terkesan setelah bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Marc Marquez mengapre siasi Presiden Jokowi yang berkenan menerima kunjungan para pembalap dengan ramah dan menyenangkan. Ant/S-2

Topik Menarik