Profil Ongen Saknosiwi, Prajurit TNI AU yang Robohkan Petinju Thailand

Profil Ongen Saknosiwi, Prajurit TNI AU yang Robohkan Petinju Thailand

Olahraga | sindonews | Selasa, 8 Maret 2022 - 12:08
share

BANGKOK - Petinju profesional dari TNI AU , Pratu Ongen Saknosiwi, berhasil memenangi sabuk juara tinju kelas bulu 57,1 kg WBC Asia Boxing Council Continental. Gelar disabet prajurit berjuluk \'Hawk\' setelah memukul KO petinju Thailand, Rattakorn Tassaworn.

Adapun Hawk memukul KO Rattakorn saat pertandingan memasuki ronde keempat. Bertanding di World Siam Stadium, Bangkok Thailand, Jumat (4/3/2022). Petinju yang sehari-hari berdinas di Dinas Pengamanan dan Sandi TNI Angkatan Udara (Dispamsanau) memperebutkan gelar kosong.

Prestasi tersebut membanggakan untuk dunia tinju Indonesia. Pencapaian prajurit TNI AU ini terbilang luar biasa. Dilansir dari berbagai sumber, berikut profil Ongen Saknosiwi:

Petinju asal pulau Buru Maluku ini sempat berada di ambang kekhawatiran dalam merintis menjadi juara dunia. Beberapa tahun lalu, dia memutuskan vakum dari dunia tinju dan memilih mengikuti tes masuk keanggotaan TNI AU.

Setelah berhasil menjadi prajurit, Ongen pun memperoleh tawaran untuk mengembangkan bakatnya di olahraga tinju. Kebetulan TNI AU mempunyai sasana Dirgantara Boxing Club, lantas Ongen pun bergabung di sana. Dengan dukungan penuh, Ongen pun berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Kemahiran Ongen di ring tinju tak luput dari peran sang ayah. Ongen dikenalkan dengan tinju oleh ayahnya. Sang ayah sering mengajaknya nonton pertandingan tinju sejak masih di bangku sekolah dasar.

Mantan petinju nasional Weim Saputelle (Almarhum) pun mengatakan Ongen memiliki bakat menjadi petinju, sehingga Weim mengajak Ongen bergabung dengan sasana tinju miliknya di Tangerang.

Topik Menarik