Biodata dan Agama Casey Stoner, Pembalap Terbaik yang Pernah Dimiliki Ducati

Biodata dan Agama Casey Stoner, Pembalap Terbaik yang Pernah Dimiliki Ducati

Olahraga | okezone | Senin, 7 Maret 2022 - 17:38
share

BIODATA dan agama Casey Stoner cukup menarik diulas. Pensiunan pembalap motor asal Australia ini pernah dua kali memenangkan kejuaraan dunia MotoGP, yakni pada tahun 2007 dan 2011.

Menjadi pembalap yang pensiun dini, Casey adalah satu-satunya pembalap yang bisa menjadi juara dunia dengan menggunakan 2 motor pabrikan beda benua, yakni Ducati dan Honda Repsol. Penasaran dengan karir dan biodata lengkap pembalap asal Australia ini? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Perjalanan Karier

Casey menjajal balapan pertamanya pada usia empat tahun dalam sebuah balapan tanah kelas U9 (di bawah usia 9 tahun) di trek balap Mike Hatcher yang terletak di Gold Coast, Australia. Dari usia sembilan tahun sampai 14 tahun, ia berhasil memenangi 41 lomba lokal dan 70 lomba antar negara bagian Australia.

Casey Stoner

Casey juga sempat mengikuti balapan super-sibuk selama lebih dari satu pekan, ketika ia mengikuti lima kelas balapan berbeda dalam sebuah perlombaan yang memperlombakan 35 balapan. Ia berpartisipasi dalam 32 dari 35 balapan dalam lima kelas yang berbeda, dan mampu memenangi lima kelas tersebut.

Dikarenakan usia minimal untuk menjadi pembalap di Australia adalah 16 tahun, Casey pindah ke Inggris, di mana disana usia minimal untuk mendapatkan SIM balapan adalah 14 tahun.

Tahun 2001, Casey memulai debut balap motor sebagai pembalap wild card di Sirkuit Donington Park, pada GP Inggris kelas 125cc. Setahun kemudian, ia berlaga di balapan Nasional 125 cc.

Lima tahun kemudian, ia memasuki Kejuaraan Dunia 250cc (MotoGP), dan menjadi tim balap Lucio Cecchinello. Pada musim 2007 saat ia bergabung bersama Ducati Marlboro, Casey tampil sebagai juara dunia untuk pertama kalinya.

Topik Menarik