Profil Roman Abramovich, Konglomerat Rusia Triliuner Penguasa 19 Gelar saat Jadi Pemilik Chelsea

Profil Roman Abramovich, Konglomerat Rusia Triliuner Penguasa 19 Gelar saat Jadi Pemilik Chelsea

Olahraga | sindonews | Jum'at, 4 Maret 2022 - 22:31
share

LONDON - Roman Abramovic harus melepas klub Chelsea yang sudah menghasilkan 19 gelar untuknya. Pengusaha asal Rusia itu dinobatkan sebagai salah satu pemilik klub dengan kekayaan fantastis.

Ia masuk 10 terkaya di Rusia, dan 113 orang terkaya di dunia. Kekayaan tersebut didapatkannya dari berinvestasi di perusahaan minyak dan ia telah menyumbangkan banyak uang untuk pembangunan sekolah, rumah sakit serta infrastruktur lainnya di Rusia.

Forbes mencatat, kekayaan pemilik The Blues tersebut mencapai 12 miliar dollar atau sekitar Rp173 triliun. Sumber kekayaan Roman Abramovich berasal dari bisnis yang ia jalankan yakni pertambangan baja (Evraz) dan perusahaan pengelolaan aset (Millhouse Capital).

Roman Abramovich datang ke Stamford Bridge pada musim panas 2003. Kala itu, ia mengakuisisi Chelsea dari pemilik sebelumnya, Ken Bates.

Abramovich disebut membeli Chelsea dengan nilai akuisisi sebesar 140 juta paun atau sekitar Rp 2,6 triliun pada saat itu. Tak hanya bagi Chelsea, kedatangan Roman Abramovich turut mengubah wajah sepak bola Inggris.

Dilansir dari Goal International, kala itu Chelsea menjadi klub Premier League pertama yang dibeli oleh investor asing menyusul akuisisi yang dilakukan Abramovich.

Bersama Roman Abramovich , Chelsea sukses menjadi kekuatan sepak bola Inggris dan Eropa. Total, The Blues telah meraih 19 gelar juara pada era Abramovich. Semua gelar yang tersedia berhasil mereka raih, mulai dari kompetisi domestik hingga Eropa. Gelar terkini yang diraih Chelsea adalah trofi Piala Dunia Antarklub FIFA.

Kini Roman Abramovich terpaksa menjual klubnya karena Inggris menjatuhkan sanksi kepada pengusaha Rusia yang menginvestasikan uangnya di sana, menyusul invasi militer Rusia ke Ukraina.

Di bawah komando Roman Abramovich, Chelsea sudah menghasilkan 5 gelar Liga Inggris, 2 Liga Champions, 2 Liga Europa, 5 Piala FA, 3 Piala Liga Inggris, 2 Community Shield, 1 Piala Super Eropa dan 1 Piala Dunia Antarklub.

Topik Menarik