Final Piala Liga Inggris: Tendangan Kepa ke Langit, Liverpool Juara usai Menang Penalti 11-10

Final Piala Liga Inggris: Tendangan Kepa ke Langit, Liverpool Juara usai Menang Penalti 11-10

Olahraga | inewsid | Senin, 28 Februari 2022 - 02:43
share

LONDON, iNews.id- Liverpool menjadi juara Piala Liga Inggris 2021/2022, usai menang adu penalti 11-10 lawan Chelsea. Kemenangan Liverpool dipastikan setelah tendangan kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga tak masuk.

Laga berlangsung di Wembley Stadium, Senin (28/2/2022) dini hari WIB. Laga berjalan sengit.

Drama terjadi hingga babak tambahan. Sejumlah gol pun sempat dianulir karena offside.

Skor 0-0 bertahan hingga akhir babak tambahan. Liverpool akhirnya menang dan menjadi juara lewat adu penalti dengan skor 11-10.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim langsung menampilkan permainan menyerang sejak laga dimulai. Chelsea kemudian memperoleh peluang pertama pada menit ketujuh. Tetapi, serangan Christian Pulisic masih bisa ditepis kiper Liverpool, Caoimhin Kelleher.

Chelsea tampak sedikit lebih menguasai bola. Mereka kemudian nyaris saja merebut keunggulan pada menit ke-16. Tetapi, serangan yang dilancarkan Mason Mount kembali dihalau pemain Liverpool.

Liverpool kemudian mencoba untuk menyerang balik. Mereka pun memperoleh peluang pada menit ke-22. Hanya saja, tembakan keras Mohamed Salah masih melebar ke sisi gawang.

Skuad The Reds kini mampu membuat pertahanan Chelsea kerepotan. Pada menit ke-31, Naby Keita melepaskan tembakan voli. Sayang, upayanya dapat ditepis kiper Chelsea, Edouard Mendy.

Pada menit ke-42, Chelsea berupaya untuk menyerang. Cesar Azpilicueta mengkombinasikan serangan dengan Havertz dan melepaskan sepakan. Namun, serangannya melebar dan babak pertama berakhir tanpa gol.

Chelsea langsung bermain menyerang begitu paruh kedua dimulai. Meski begitu, mereka masih kesulitan untuk memaksimalkan peluang yang didapat, akibat rapatnya pertahanan Liverpool.

Peluang emas didapatkan The Blues pada menit ke-50. Mason Mount menerima bola dari Pulisic dan melepaskan tembakan. Sayang, sepakannya melambung ke atas mistar.

Liverpool kemudian berhasil memasukkan bola ke gawang Chelsea pada menit ke-67. Namun, setelah memeriksa VAR, wasit menganulir gol Joel Matip tersebut, karena terjadi offside terlebih dahulu.

Setelah itu, giliran Chelsea yang berhasil menggetarkan gawang Liverpool pada menit ke-78. Tetapi, sekali lagi VAR mengintervensi dan menganulir gol Havertz karena offside.

Memasuki fase akhir waktu normal, kedua tim berusaha untuk mencari gol. Liverpool nyaris unggul pada menit ke-86. Namun, serangan Matip belum menemui sasaran dan laga berlanjut ke babak tambahan waktu.

Babak Tambahan Waktu

Persaingan yang ketat terjadi begitu babak tambahan waktu dimulai. Chelsea kemudian sempat berhasil memasukkan bola ke gawang Liverpool pada menit ke-98.

Meski begitu, VAR kembali berperan. Setelah pemeriksaan, gol yang dibuat Romelu Lukaku dianulir karena dia dianggap offside ketika menerima umpan Trevoh Chalobah. Babak tambahan waktu pertama pun berakhir 0-0.

Chelsea kembali tampil beringas pada babak tambahan waktu kedua. Mereka kemudian sekali lagi menggetarkan gawang Liverpool pada menit ke-109. Tetapi, gol Havertz kembali dianulir karena offside.

Dengan kondisi pemain yang tampak kelelahan, pertahanan Chelsea mulai merenggang. Hal itu berusaha dimaksimalkan oleh Liverpool untuk menyerang balik.

Liverpool kemudian memperoleh peluang pada menit ke-118. Hanya saja, tembakan first-time Diogo Jota masih belum menemui sasaran, dan pertandingan berlanjut ke babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Pada babak adu penalti, Liverpool menjadi yang pertama untuk mengeksekusi. Seluruh 11 pemain The Reds berhasil melaksanakan tugasnya, termasuk sang kiper, Caoimhin Kelleher.

Begitu juga dengan para penggawa mampu mencetak gol serta membawa The Blues mengimbangi kedudukan. Namun, kiper Chelsea yang masuk di akhir babak tambahan waktu, Kepa Arrizabalaga, gagal mengeksekusi tembakan dan membawa Liverpool menang.

SUSUNAN PEMAIN

LIVERPOOL
Kelleher; Alexander-Arnold, Matip (Konate 90), van Dijk, Robertson; Fabinho, Keita (Milner 80), Henderson (Elliot 79); Diaz (Origi 97), Salah, Mane (Jota 80)
Pelatih: Jurgen Klopp

CHELSEA
Mendy (Arrizabalaga 120), Chalobah, Thiago Silva, Rudiger, Azpilicueta (James 57), Kante, Kovacic (Jorginho 105), Alonso, Mount (Lukaku 74), Havertz, Pulisic (Werner 74)
Pelatih: Thomas Tuchel

Topik Menarik