Loading...
Loading…
Kejuaraan Selancar Dunia di Banyuwangi Digelar 26 Mei-4 Juni

Kejuaraan Selancar Dunia di Banyuwangi Digelar 26 Mei-4 Juni

Olahraga | republika | Jumat, 25 Februari 2022 - 01:50

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kejuaraan selancar bergengsi tingkat dunia bertitel "World Surf League Championship Tour 2022" dijadwalkan berlangsung di Pantai G-Land, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada 26 Mei hingga 4 Juni mendatang. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno serta Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) untuk membahas berbagai persiapan, termasuk juga turun ke lapangan mengecek semua persiapan lokasi kejuaraan. "Ya, kami terus berkoordinasi dengan banyak pihak. Alhamdulillah kementerian terus mematangkan persiapan ajang selancar dunia ini. Dukungan dari Pemprov Jatim juga sangat tinggi," kata Bupati Ipuk dalam keterangan tertulis di Surabaya, Kamis. Sebelumnya Bupati Ipuk dan jajarannya melakukan rapat koordinasi secara virtual yang dipimpin langsung Menparekraf Sandiaga Uno. Dalam rakor tersebut, Menparekraf menyatakan kesiapannya untuk turut menyukseskan kejuaraan selancar internasional tersebut.

Selama dua hari pada pekan ini, tim gabungan yang dipimpin Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenko Marves Kosmas Harefa melakukan peninjauan kesiapan gelaran World Surf League Championship Tour 2022 di Banyuwangi.

Baca Juga :
Ditayangkan Langsung oleh RCTI, Pertama Kali Formula E Digelar di Jakarta

"Kami mengidentifikasi berbagai kebutuhan menuju hari pelaksanaan. Kami terus matangkan persiapannya," katanya. Selain dari Kemenko Marves, peninjauan langsung lokasi kejuaraan juga diikuti pengurus Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Pemkab Banyuwangi, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jatim, dan sejumlah pemangku kepentingan. Mereka meninjau sejumlah infrastruktur penunjang, mulai dari tower juri hingga akses jembatan.

"Infrastruktur terus kami kebut. Misalnya, tower juri akan segera diselesaikan," kata Kosmas Harefa. Ia meminta seluruh pihak bisa bergerak cepat menyiapkan berbagai kebutuhan sesuai regulasi yang ada. Kosmas menegaskan pihaknya juga terus melakukan koordinasi intensif dengan kementerian/lembaga terkait untuk menyukseskan kejuaraan yang akan diikuti peselancar mancanegara tersebut. "Ini momen yang sangat baik untuk kebangkitan ekonomi nasional, terutama Banyuwangi sebagai tuan rumah. Kita harus manfaatkan betul kesempatan ini. Kami juga akan dorong agar UMKM asli daerah bisa terangkat ke permukaan," tuturnya.

Baca Juga :
BWF Resmi Rilis Turnamen Bulu Tangkis Tahun 2022

Kejuaraan selancar dunia ini digelar di Pantai G-Land (Pantai Plengkung) yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo dan telah dikenal cukup lama di kalangan peselancar.

Bahkan, Pantai G-Land dikenal sebagai salah satu dari 10 pantai di dunia yang memiliki ombak terbaik bagi olahraga selancar.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{