Sempat Tertinggal, Porto Kalahkan Lazio 2-1

Sempat Tertinggal, Porto Kalahkan Lazio 2-1

Olahraga | republika | Jum'at, 18 Februari 2022 - 05:08
share

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO -- Porto mampu memenangkan leg pertama play-off Liga Europa, usai mengalahkan Lazio 2-1 di Estadio Dragao, Jumat (18/2/2022) dini hari. Sempat tertinggal 1-0 di babak pertama. Porto mampu membalikan keadaan berkat dua gol dari Toni Martinez.

Porto mendapatkan peluang di awal pertandingan melalui sepak pojok. Tapi sundulan Pepe masih sedikit melebar dari gawang. Namun Lazio akhirnya bisa membuka keunggulan pada menit 23. Berawal dari skema sepak pojok yang matang, Luis Alberto mengirimkan bola ke kotak penalti. Mattia Zaccagni yang sudah menunggu di depan gawang langsung menyambut bola dengan baik untuk menjebol gawang tuan rumah.

photo
Selebrasi pemain Lazio, Mattia Zaccagni usai menjebol gawang Porto. - ((AP Photo/Luis Vieira))

Porto hampir menyamakan kedudukan lewat tendangan dari Uribe yang lepas dari pengawalan di sisi kiri. Namun bola yang telah melewati kiper mampu dikejar Luis Felipe untuk dibuang. Upaya Porto mengejar ketertinggalan akhirnya membuahkan hasil pada menit 37.

Joao Martinez mengirimkan umpan manis ke kotak penalti Lazio. Toni Martinez kemudian menyundul bola tersebut dan meluncur deras ke gawang Strakosha. Skor berubah jadi 1-1. Sampai turun minum, skor imbang tersebut tidak berubah.

photo
Selebrasi pemain Porto, Toni Martinez usai mencetak gol ke gawang Lazio. - ((AP Photo/Luis Vieira))

Memasuki babak kedua, Porto mencoba tampil lebih agresif. Hasilnya positif. Menit 49, Martinez kembali mencetak gol dan membuat Porto membalikan keadaan. Memanfaatkan umpan Joao Mario, Martinez menyambutnya dengan tendangan kaki kanan dan bola tak mampu dijangkau Strakosha. Skor berubah jadi 2-1.

Martinez hampir mencetak hattrick pada menit 52, jika tendangan kerasnya tidak ditepis Strakosha. Menit 80, Zaccagni melakukan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti. Tapi masih bisa diblok kiper Diego Costa. Felipe Anderson punya peluang menyamakan kedudukan pada menit 87, setelah mendapatkan bola di kotak penalti. Tapi tendangannya dari jarak dekat masih melebar. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Starting XI Porto Vs Lazio

Porto memberikan kejutan saat mengumumkan starting line-up dalam menghadapi Lazio, dalam leg play-off Liga Europa, Jumat (18/2). Pemain seperti Taremi dan Evanilson dicadangkan. Sementara Sergio Conceicao memilih Toni Martinez sebagai starter di lini depan.

Marko Grujic juga mendapatkan tempat di lini tengah, yang menunjukan adanya rotasi yang jelas oleh the Dragons. Memang, pelatih Porto sebelum menegaskan kalau mereka fokus pada Liga Portugal.

Sementara Lazio, pertandingan ini tentu spesial buat Felipe Anderson, yang jadi starter di sayap kanan melawan mantan timnya. Dengan Ciro Immobile yang sakit, Maurizio Sarri menurunkan Pedro Rodriguez sebagai striker tunggal.

Berikut starting XI Porto vs Lazio :

Porto (4-3-3)

Diego Costa; Joao Mario, Mbemba, Pepe, Zaidu; Otavia, Grujic, Uribe; Fabio Viera, Toni Martinez, Pepe.

Lazio (4-3-3)

Strakosha; Radu, Patric, Luis Felipe, Marusic; Luis Alberto, Lucas Leiva, Milinkovic-Savic; Zaccagni, Pedro, Anderson.

Topik Menarik