Ampuh Hadapi Musuh, Ini Tangkisan dalam Pencak Silat

Ampuh Hadapi Musuh, Ini Tangkisan dalam Pencak Silat

Olahraga | okezone | Jum'at, 11 Februari 2022 - 16:17
share

TANGKISAN dalam pencak silat penting untuk diketahui. Sebab, teknik ini penting diterapkan dalam pertandingan bela diri pencak silat.

Selain pukulan dan tendangan, ada satu teknik yang harus dikuasai atlet pencak silat, yaitu teknik tangkisan dalam pencak silat. Teknik tangkisan berguna untuk melakukan pertahanan dari serangan musuh.

tangkisan dalam pencak silat

Tangkisan dalam pencak silat dibagi dua, yaitu tangkisan satu lengan dan tangkisan dua lengan. Tangkisan satu lengan terdiri juga dari beberapa tangkisan.

Pertama, tangkisan dalam, yakni menangkis serangan dari luar ke dalam. Kedua, tangkisan luar menangkis serangan dari dalam ke luar.

Tangkisan atas ditujukan untuk melindungi kepala. Arah tangkisan dari bawah ke atas. Sementara tangkisan bawah, ini digunakan melindungi kaki dan paha. Arah tangkisan bawah dari atas ke bawah.

Tangkisan dua lengan terdiri dari tangkisan dua lengan dengan telapak tangan dan tangkisan dua lengan dengan lengah bawah. Teknik lainnya yang juga harus dikuasai yakni teknik kuncian.

Teknik kuncian berfungsi mengunci tubuh lawan atau melumpuhkan pergerakan lawan. Kuncian ini menyasar tubuh lawan yang vital seperti leher, dagu, dan pergelangan tangan.

Selanjutnya, ada teknik guntingan. Kita dapat menendang lawan diteruskan kepada gerakan jepitan. Lawan akan mudah dijatuhkan saat kita berhasil menggunting lawan.

Ada lagi teknik berbaring, yakni salah satu bentuk pertahanan diri. Teknik berbaring ada tiga jenis, yaitu teknik berbaring telentang (jatuhan ke belakang), teknik berbaring miring (jatuhan samping kiri atau kanan), dan teknik berbaring telungkup (jatuhan depan).

Selain belajar mengenai teknik tangkisan dalam pencak silat, Anda akan mengetahui beragam jurus dalam bela diri ini. Ada jurus Kuntao, Brajamusti, Pulo Kali, Silat Pamur, dan jurus kelima.

Topik Menarik