Begini Respons Sandy Walsh usai Direstui Bela Timnas Indonesia

Begini Respons Sandy Walsh usai Direstui Bela Timnas Indonesia

Olahraga | inewsid | Kamis, 10 Februari 2022 - 22:09
share

JAKARTA, iNews.id - Sandy Walsh memberikan respons usai direstui bela Timnas Indonesia. Dia mengucapkan terima kasih sudah dipercaya untuk memakai jersey berlogo Garuda di dada.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong baru saja bertemu Menpora Zainudin Amali dan PSSI, Kamis (10/2/2022). Mereka membahas soal naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Menpora mengatakan proses naturalisasi kedua pemain tersebut sebentar lagi bakal rampung. Sementara naturalisasi Kevin Diks dan Mees Hilgers batal karena terbentur restu orang tua.

Foto: Instagram
Foto: Instagram

Exco PSSI Hasani Abdulgani mengabarkan proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah direstui pemerintah Indonesia. Pengumuman itu dia sampaikan di Instagram.

"Setelah mendengar secara langsung dari Ketua Umum PSSI dan Coach Shin Tae yong. Pemerintah akhirnya memberi rekomendasi kepada proses pemain keturunan, Jordi Amat dan Sandy Walsh. Terima kasih Bapak Menpora," tulis Hasani.

Sandy Walsh kemudian mengomentari unggahan tersebut. Dia mengucapkan, "terima kasih". Lalu dia mengunggah ulang postingan dari Hasani di Insta Story.

Saat ini Sandy Walsh berstatus sebagai bek kanan klub Belgia, KV Mechelen. Dia lahir pada 14 Maret 1995 di Brussel, Belgia dengan berkewarganegaraan Belanda. Sang ayah keturunan Irlandia, sementara ibunya dilahirkan dari orang tua asal Indonesia.

"Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan kakek saya, yang lahir di Indonesia. Akibatnya, saya merasa lebih sayang dengan Indonesia daripada dengan Irlandia," katanya kepada Voetbalzone juli lalu.

Saya sudah punya bayangan bisa tampil di beberapa pertandingan internasional (bersama Timnas Indonesia)," ucap Sandy.

Karier sepakbola Sandy Walsh remaja dibangun saat membela Anderlecht hingga 2021. Dia kemudian direkrut KRC Genk hingga berhasil tembus ke tim senior.

Selama memperkuat KRC Genk dia berhasil membangun citranya sebagai bek kanan yang apik. Sandy Walsh tampil 75 di semua kompetisi dengan mencetak dua gol dan enam assist.

Pada 2017, Sandy Walsh hijrah ke Zulte Waregem. Dia memperkuat Zulte Waregem selama tiga musim dengan memainkan 80 pertandingan dengan mencetak tiga gol dan empat assist.

Sandy Walsh mulai berkarier KV Mechelen pada 2020. Di level timnas, pemain 26 tahun itu rutin memperkuat Timnas Belanda pada kelompok umur. Dia membela Timnas Belanda U-15, U-16, U-17, U-18, U-19 hingga Timnas Belanda U-20.

Laga terakhirnya terjadi saat Timnas Belanda U-20 menghadapi Timnas Republik Ceko U-20 pada 5 September 2014. Sandy Walsh dalam laga itu hanya bermain setengah babak, timnya pun menelan kekalahan dengan skor 0-1.

Topik Menarik